Jenis Penyakit Kulit

Kumpulan Jenis Penyakit Kulit, Penyebab, Gejala, Cara Mengatasi dan Gambarnya.

7 Penyebab Gatal Pada Kulit, beserta Tanda-Tandanya

Penyebab gatal pada kulit, beserta tanda-tandanya Kulit gatal atau dapat disebut pruritus ialah suatu kondisi yang umum dapat terjadi. Kondisi seperti gatal pada kulit kemungkinan bisa menjadi suatu indikasi penyakit. Bisa dapat disebabkan oleh jamur, bakteri, virus atau penyakit dalam seperti gangguan hati, gangguan saraf.
7 Penyebab Gatal Pada Kulit, beserta Tanda-Tandanya
Gatal bagian tubuh umumnya ditandai dengan kemunculan ruam kemerahan, Dalam kondisi seperti ini biasanya akan hilang secara sendirinya atau di tangani dengan obat. Selain itu, juga terdapat kasus yang tidak di tandai dengan kemunculan ruam.

Apabila gatal tersebut tidak lekas sembuh atau bahkan semakin parah itu merupakan gejala awal terdapat penyakit yang lebih serius lagi seperti penyakit kulit atau penyakit dalam. Maka perlu sekali untuk mengenal penyebab gatal pada kulit, agar dapat menentukan langkah penanganan yang tepat.
Penyebab Gatal Pada Kulit, beserta Tanda-Tandanya

Di bawah ini merupakan penyebab penyakit gatal pada kulit, berserta tanda-tandanya sebagai berikut.

1. Karena Penyakit kulit


1. Penyakit Dermatitis kontak

Gatal pada kulit juga bisa karena dermatitis kontak. Tanda-tanda kulit menjadi memerah, terasa gatal, dan meradang setelah kontak langsung dengan iritan tertentu. Seperti sabun, bahan kim1a, dan lain-lain.


2. Penyakit Psoriasis

Dapat disebabkan oleh psoriasis. Tanda-tanda psoriasis umumnya adalahh kulit terasa gatal, bintik memerah, berkerak pada area tertentu.


3. Penyakit Kudis

Dapat karena kudis. Kudis tanda-tanda kudis umumnya adalah bintik-bintik merah, kulit terasa sangat gatal pada malam hari.


4. Penyakit Kurap

Bisa disebabkan oleh kurap. Tanda-tanda kurap umum terdapat lingkaran seperti cincin, terasa gatal, bintik merah dan berair.


5. Penyakit Panu

Gatal pada kulit juga bisa karena panu. Tanda-tanda panu umum dari panu adalah terdapat bercak putih, apabila berkeringat terasa sangat gatal pada bagian tersebut.


6. Penyakit Eksim

Dapat disebabkan oleh eksim. Tanda-tanda eksim umum kulit terasa gatal sekali pada malam hari, timbul rasa panas pada bagian tersebut, terdapat lepuhan kecil, atau bisa berisisik, pada eksim kering dapat dipicu oleh alergi tententu, seperti makanan, kosmetik, sabun, dan lain-lain.


7. Penyakit Biduran/Urtikaria

Bisa karena biduran / urtikaria. Tanda-tanda biduran/urtikaria adalah timbul ruam bercak kemerahan dan bentol-bentol pada permukaan kulit, terasa gatal, atau juga dapat panas dan perih.


8. Penyakit Folikulitis

Bisa karena folikulitis. Tanda-tanda folikulitis umum adalah kulit memerah, meradang, benjolan kecil berisi nanah, terasa gatal atau nyeri.


9. Penyakit Prurigo (Darah Manis)

Dapat disebabkan oleh penyakit prurigo atau disebut darah manis. Gejala prurigo atau tanda-tanda purigo adalah timbul bintik-bintik kecil, kulit memerah dan terasa panas, terasa sangat gatal, kemungkinan muncul kerak berwarna gelap.


10. Penyakit Impetigo

Gatal pada kulit juga bisa karena impetigo. Gejala atau tanda-tanda impetigo adalah kulit melepuh berisi cairan, terasa sakit, kulit di sekitar gatal-gatal, bercak dapat menyebar cepat apabila disentuh atau digaruk.


11. Athlete's Foot

Dapat disebabkan oleh athlete’s foot. Gejala atau tanda-tanda athlete’s foot adalah kulit menjadi merah, terasa gatal pada jari kali dan sisi kaki, terasa panas, kemungkinan kulit mengelupas.

2. Gatal Karena Gigitan Serangga


1. Akibat Tungau (Scabies)

JBisa karena tungau (scabies). Gejala scabies dan tanda-tanda scabies umum adalah muncul bercak-bercak merah, terasa sangat gatal sekali pada saat malam. Scabies sering menjangkit pada bagian seperti Mr P, Ms V, lipatan ketiak bagian luar, bokong, perut bagian bawah, pergelangan tangan, sela jari tangan, dan telapak tangan.
Baca Juga : Macam Penyakit Kulit Akibat Parasit, Gejala, Penyebab & Cara Mengatasi

2. Akibat Pedikulosis (infestasi kutu)

Dapat disebabkan pedikulosis (infestasi kutu). Gejala umum adalah kulit terasa gatal-gatal pada bagian tubuh tertentu, pedikulosis sering menjangkit seperti rambut, rambut publis.


3. Akibat Creeping Eruptions

Gatal pada kulit juga bisa karena  creeping eruptions, gejala dan tanda-tanda creeping eruptions adalah timbul rasa gatal, terasa panas, dan kadang juga timbul papul merah.


4. Akibat Gigitan Nyamuk

Dapat disebabkan oleh gigitan nyamuk. Tanda-tanda umum adalah kulit memerah dan disertai gatal.


5. Alergi Bulu Kucing

Bisa disebabkan oleh alergi bulu kucing, gejala alergi bulu kucing dan tanda-tanda alergi bulu kucing adalah bersin-bersin, batuk, gatal, mata berair, hidung tersumbat, pembengkakan pada wajah, dan bisa juga sesak nafas.


6. Alergi Pada Anjing

Bisa karena alergi pada anjing. Gejala alergi pada anjing dan tanda-tanda alergi pada anjing, bisa dalam bentuk gangguan pernafasan atau masalah kulit. dalam bentuk gangguan pernafasan seperti, bersin, batuk yang diiringi hidung meler/tersumbat, mata berair, mata merah dan terasa gatal, dan dalam bentuk masalah kulit seperti jilatan anjing yang menyebabkan, kulit terasa gatal, ruam memerah, apabila lebih parah gatal tersebut dapat terjadi pada dada atau di wajah.


3. Karena Kulit kering (xerosis)

Bisa karena kulit kering (xerosis). Kulit kering juga dapat memicul timbul gatal pada kulit. tanda-tanda adalah apabila gatal pada kulit yang tidak disertai dengan ruam atau perubahan kulit lainya. Penyebab kulit kering biasaya di pengaruhi oleh faktor lingkungan, seperti terlalu sering mencuci, terlalu sering mandi, kelembapan rendah, sering terkena AC.


4. Karena Penyakit Dalam

Dapat karena  penyakit dalam. Seperti hepatitis, leukemia, gagal ginjal, gangguan tiroid, sirosis, limfoma, celiac, anemia defisiensi besi, gangguan hati. Dalam kasus gatal karena penyakit dalam pada umumnya penderita akan merasakan gatal di sekujur tubuh. Walaupun tidak ada gejala seperti kemunculan ruam.


5. Masa Kehamilan

Bisa karena  masa kehamilan. Seperti :

1. Prurigo gestationis tanda-tanda adalah muncul ruam pada bagian lengan, kaki, serta tubuh bagian atas.

2. Gigitan serangga atau parasit

3. Kolestasis obstetric tanda-tanda adalah gangguan hati tanda-tanda tidak mengalami ruam akan tetapi menimbulkan rasa gatal-gatal pada kulit.

4. Perubahan horm0n ketika menopause dapat menimbulkan gatal pada kulit.

5. Papula urtikaria pruritus tanda-tanda adalah muncul ruam, terasa gatal pada paha serta perut bagian atas.

6. Alergi Ob4t seperti antibiotic dan lain-lain

7. Kecemasan atau depresi saat hamil juga dapat menyebabkan gatal-gatal pada kulit.

6.  Karena Reaksi Alergi


1 Gatal Karena Alergi Gigitan Serangga/Sengatan Serangga

Bisa karena gigitan serangga/sengatan serangga. Gejala dan tanda-tanda alergi gigitan serangga adalah timbul gatal-gatal di seluruh tubuh, sesak nafas, sesak dada, batuk.


2. Gatal Karena Alergi Makanan

Dapat disebabkan oleh alergi makanan. Gelaja atau tanda-tanda alergi makanan, pada kulit adalah timbul ruam merah, gatal-gatal pada kulit, mual, sakit perut, diare, sedangkan pada mulut seperti pembengkakan pada bibir, tenggorokan, lidah, mata, dan kemukinan bisa wajah.


3. Gatal Karena Alergi Obat

Bisa karena  alergi obat. gejala atau tanda-tandanya adalah reaksi alergi akan muncul setelah beberapa jam atau berhari-hari kemudian muncul, ruam, kulit gatal biduran/urtikaria, wajah menjadi bengkak, demam, dan bisa sesak nafas.


4. Gatal Karena Alergi Substansi

Dapat disebabkan oleh alergi substansi di udara, seperti, debu, tunggau debu, dan serbuk sari. Gejala dan tanda-tanda alergi substansi bersin, hidung meler, susah bernafas, gatal-gatal pada hidung, mata merah berair dan kemungkinan bengkak.


7. Karena Gangguan Saraf

Bisa karena gangguan saraf. Seperti saraf terjepit, herpes zoster, diabetes, dan sklerosis multiple.
Baca Juga : Penyakit Alergi Kulit, Penyebab & Cara Mengatasi
Demikian mengenai penyebab gatal pada kulit, beserta tanda-tandanya.

loading...
loading...
Back To Top