Jenis Penyakit Kulit

Kumpulan Jenis Penyakit Kulit, Penyebab, Gejala, Cara Mengatasi dan Gambarnya.

Penyakit Kulit Panu, Gejala, Penyebab & Cara Mengatasi

Penyakit kulit panu, gejala, penyebab & cara mengatasi – Mungkin ada sudah tidak asing mendengar penyakit kulit panu, bahkan anda sedang terserang panu ?. jika demikian anda dapat membaca artikel kami sekarang ini, karena pada kesempatan ini akan membahas tentang penyakit kulit panu, gejala, penyebab dan bagaimana cara mengobati.
Penyakit Kulit Panu, Gejala, Penyebab & Cara Mengatasi
Sebenarnya apa itu panu ? Penyakit kulit panu atau sering disebut dengan Tinea Versicolor yakni salah satu penyakit kulit sering menyerang pada manusia yang di sebabkan oleh Jamur, umumnya penyakit kulit ini timbul dikarenakan terlalu banyak beraktifitas sehingga akan mengeluarkan banyak keringat dan kulit menjadi lebab. Oleh karena itu tidak jarang apabila panu sering menyerang banyak orang seperti anak – anak, pemuda bahkan orang tua juga akan terkena.
Penyakit Kulit Panu, Gejala, Penyebab & Cara Mengatasi

Panu dapat menyerang bagian kulit dimana saja, namun biasanya akan muncul apabila orang yang menghasilkan banyak keringat dan kulit lembab. Panu dapat tumbuh di bagian seperti wajah, lengan, kaki, leher, dada, perut, ketiak, lipahan paha dan lain sebagainya. Penyakit kulit ini adalah penyakit yang tidak berbahaya dalam arti tidak akan mengancap jiwa, akan tetapi dalam beberapa kasus akan membuat penderita menjadi tidak percaya diri.

Panu merupakan salah satu penyakit kulit yang tidak menular ke orang lain. Namun akan cepat menyebar luas ke bagian kulit disekitar apabila tidak di tangani secepatnya. Pada awalnya saat penyakit tersebut menyerang pada kulit manusia tidak ada gejala khas yang menunjukan orang itu ternyat terkena panu, tiba – tiba muncul bercak – bercak putih pada kulit dan apabila berkeringat bercak putih itu akan sangat terasa gatal.

Dalam beberapa data apabila menyerang orang berkulit putih, maka bercak itu akan tampak berwarna merah, begitu juga sebaliknya apabila bercak itu menyerang pada orang berkulit gelap maka bercak itu akan tampak berwarna putih. Namun apabila menyerang kulit yang tertutup, maka bercak itu akan berwarna hitam kecoklatan. Oleh karena itu di dunia dokter panu sering disebut dengan Pityriasis versicolor. Lantas bagaimana gejala, penyebab dan cara mengobati panu ? Berikut ulasannya.
Penyakit Kulit Panu, Gejala, Penyebab & Cara Mengatasi
Gejala Penyakit Kulit Panu

Memang tidak ada orang yang mengetahui apabila orang tersebut terkena panu, tiba – tiba timbul bercak – bercak berwarna putih, merah maupun hitam kecoklatan hal tersebut tergantung warna kulit penderita, gejala lain dari panu yakni kulit terserang panu akan bersisik halus, apabila sisik itu di garuk maka akan keluar putih kecil seperti butiran bedak bayi. Dan gejala paling jelas apabila anda benar menderita maka bercak – bercak itu akan terasa gatal –gatal saat berkeringat.

Baca Juga : 4 Penyakit Kulit Kurap, Gejala, Penyebab & Cara Mengatasi
Penyebab Penyakit Kulit Panu

Malassezia fulfur yakni jamur yang menjadi penyebab munculnya panu pada kulit, pada umumnya jamur ini sering di temukan pada kulit manusia. Namun ketika perkembangbiakan tidak terkendali, jamur itu akan menimbulkan bercak – bercak berwarna putih, merah maupun hitam kecoklatan tergantung kulit penderita.

Sampai saat ini tidak dapat di ketahui kenapa jamur malassezia fulfur tersebut berkembangbiak tidak terkendali. Namun banyak menguda bisa diakibatkan oleh beberapa faktor seperti.

1. Memiliki kulit yang mudah berminyak dan lembab.

2. Sering di tempat – tempat yang lebab dan hangat.

3. Orang yang banyak mengeluarkan keringat seperti kegemukan.

4. Sistem kekebalan yang menurun sehingga mudah terserang infeksi pada kulit.

5. Bisa juga saat mengalami perubahan hormon.

Cara Mengatasi Penyakit Kulit Panu

Adapun beberapa cara mengobati dan cara mengatasi penyakit kulit panu secara ampuh mulai dengan cara medis maupun cara tradisional bisa dengan cara sebagai berikut.

Cara Medis

Cara medis yakni cara mengatasi dengan cara memberikan krim, salep maupun obat yang berfungsi untuk mengatasi sebagai berikut.

Obat Topikal Yang Efektif Mengatasi Panu Diantaranya :

1. Coclopiroxolamine

2. Sodium Sulfacetamide

3. Azole Topical Azole Anifungals

4. Allylamine Antifugals

5. Selenium Sulfide Lotion

Obat ini juga efektif untuk mengatasi panu, caranya oleskan kulit yang terkena panu pada bagian tubuh dimana saja setiap hari sampai sembuh, dan biarkan obat ini meresap pada kulit selama 10 menit sebelum anda mencucinya.

Obat Oral Yang Efektif Mengatasi Panu :

1. Clotrimazole (Mycelex, Lotrimin-AF)

2. Terbinafine (Lamisil)

3. Ciclopirox (Loprox)

4. Ketoconazole (Nizoral)

5. Naftifine (Naftin)

6. Butenafine (Mentax)

7. Econazole (Spectazole)

Itulah beberapa obat topikal dan obat oral yang cukup efektif untuk mengatasi panu hingga tuntas. Lalu bagaimana cara mengatasi panu dengan cara alami (tradisional) ? Adapun caranya sebagai berikut.

Cara Tradisional

1. Menggunakan Bawang Putih

Kandungan dalam bawang putih di percaya cukup efektif dalam mengatasi panu. Caranya ambil bawang putih secukupnya, lalu potong beberapa bagian, kemudian bawang putih yang sudah di potong gosokan di bagian bercak –bercak putih panu tersebut hingga merata, lakukan cara ini dua kali dalam sehari sampai jamur hilang.

2. Menggunakan Lengkuas

Mungkin anda sudah tidak asing mendengar lengkuas, ya lengkuas adalah bumbu penyedap makanan yang bisa anda temukan di dapur anda, lengkuas juga di percaya cukup efektif untuk menghilangkan panu pada kulit. Caranya ambil lengkuas yang masih segar. Kemudian potong beberapa bagian, lengkuas yang di potong tersebut di oleskan bagian kulit yang terkena panu, lakukan cara tersebut secara rutin sesudah mandi.

3. Menggunakan Jeruk Nipis

Kandungan dalam jeruk nipis juga di percaya dapat mengusir panu pada kulit. Namun kurang efektif apabila mengunakan jeruk nipis saja, akan lebih maksimal jika di kombinasikan dengan belerang. Caranya ambil 1 jeruk nipis dan belerang secukupnya, kemudian jeruk nipis potong menjadi beberapa bagian, sedangkan belerangnya di tumbuk sampai halus. Sesudah itu potongan jeruk nipis tadi di olekan ke belerang yang sudah di haluskan, kemudian oleskan bagian kulit terkena panu tersebut, lalukan cara ini secara rutin sesudah mandi sampai panu pada kulit anda hilang secara permanen.
Itulah beberapa cara menghilangkan penyakit kulit panu secara ampuh dan efektif. Nah bagi anda yang terkena panu anda tidak perlu khawatir, karena cara diatas terbukti untuk mengatasi panu secara tuntas hingga ke akar-akarnya. Itulah informasi yang dapat kami sampaikan dalam pembahasan kali ini tentang panu. Semoga dapat bermanfaat dan berguna bagi pembaca, sekian dari kami mengenai - penyakit kulit panu, gejala, penyebab & cara mengatasi

loading...
loading...
Back To Top