Jenis Penyakit Kulit

Kumpulan Jenis Penyakit Kulit, Penyebab, Gejala, Cara Mengatasi dan Gambarnya.

Macam Penyakit Kulit Akibat Parasit, Gejala, Penyebab & Cara Mengatasi

Macam penyakit kulit akibat parasit, gejala, penyebab & cara mengatasi – Infeksi merupakan suatu proses invasi serta multiplikasi berbagai mikroorganisme ke dalam tubuh manusia, seperti jamur, bakteri, virus serta parasit. Pada saat dalam keadaan normal, mikroorganisme itu tidak terdapat dalam tubuh, sebentulnya ada dibeberapa tempat dalam tubuh manusia, seperti dalam usus atau mulut. Ada banyak mikroorganisme yang dapat hidup secara alamiah, dan biasanya tidak menyebabkan infeksi. Akan tetapi dalam beberapa kondisi itu beberapa mikroorganisme juga bisa menyebabkan penyakit. Salah satu adalah infeksi parasit.
Macam Penyakit Kulit Akibat Parasit, Gejala, Penyebab & Cara Mengatasi
Macam Penyakit Kulit Akibat Parasit, Gejala, Penyebab & Cara Mengatasi
Macam Penyakit Kulit Akibat Parasit, Gejala, Penyebab & Cara Mengatasi

Dibawah ini merupakan macam penyakit kulit akibat parasit, gejala, penyebab dan cara mengatasi serta anda dapat melihat gambar parasit berikut ini.
Baca Juga : 7 Macam Penyakit Kulit Akibat Bakteri, Gejala, Penyebab & Cara Mencegah
Macam Penyakit Kulit Akibat Parasit, Gejala, Penyebab & Cara Mengatasi

1. Scabies

Penyakit kulit scabies apabila kulit mengalami bintik-bintik dan disertai dengan rasa gatal sekali pada malam hari, kemungkinan anda telah mengindap scabies ini. penyakit kulit scabies juga dikenal dengan istilah lain seperti gudik, gatal agogo, dan budukan.

Gejala penyakit kulit scabies

Gejala penyakit kulit scabies adalah ciri-ciri khas apabila terserang scabies adalah kulit terasa gatal-gatal hebat dan rasa gatal tersebut semakin memburuk pada saat malam hari. Selain itu juga terdapat bercak-bercak seperti di gigit oleh serangga. scabies sering menjangkit pada sela-sela jari tangan, telapak tangan, pergelangan tangan, lipatan ketiak bagian luar, bokong, perut bagian bawah, Mr P atau Ms V dan siku bagian luar.

Keluhan rasa gatal tersebut disebabkan oleh sensitisasi cairan parasit atau di sebut tungau. Tungau tersebut memerukan waktu hingga sebulan setelah serangan. Tungau mempunyai aktivitas tinggi pada malam hari, dan pada suhu yang lembab. Maka tidak heran apabila rasa gatal hebat itu sering dirasakan pada malam hari. Penyakit scabies ini dapat menular secara cepat apabila berdekatan dengan penderita tersebut.

Penyebab Scabies

Penyebab penyakit scabies disebabkan oleh parasit bernama tungau sarcoptes scabiei.

Cara mengatasi Scabies

Cara mengatasi scabies dapat menggunakan krim mengantung larutan lindane atau permetrin, akan tetapi obat ini tidak boleh diberikan pada anak-anak. Dan juga krim mengandung corticosteroid seperti hydrocortisone digunakan selama beberapa hari sesudah pemberian larutan lindane atau permetrin tersebut, hal ini berfungsi untuk mengurangi rasa gatal hebat hingga semua parasit tunggau mati.

Cara mencegah Scabies

Cara mencegah penyakit scabies agar tidak menyebar pada orang lain anda dapat melakukan tips dibawah ini.

Dalam masa perawatan penyakit scabies diperlukan untuk mencuci semua pakaian dengan menggunakan air panas. Anda dapat merebus air panas dan memasukan pakaian anda kedalam air panas tersebut. cara ini cukup efektif untuk mencegah atau menyebar pada orang lain saat dalam perawatan tersebut.

Macam Penyakit Kulit Akibat Parasit, Gejala, Penyebab & Cara Mengatasi

2 Pedikulosis (Infestasi kutu)

Penyakit pedikulosis merupakan kutu yang dapat menyebabkan rasa gatal. Penyakit pedikulosis dapat menyerang semua bagian tubuh manusia. Seperti di kepala, badan, dan rambut pubis.

Gejala Pedikulosis

Gejala penyakit pedikulosis adalah mengalami rasa gatal pada kulit yang dihinggapi parasit menghisap darah ini. untuk diagnosis penyakit pedikulosis memerukan pemeriksaan fisik (temuan secara langsung), seperti di rambut di temukan telur pediculus atau kutu pediculus.  Untuk rambut publis di temukan seperti bercak abu atau kebiruan. Pada pedikulosis korporis yang menyerang badan di temukan kutu atau telur pada pakian tersebut.

Penyebab Pedikulosis

Penyebab penyakit pedikulosis adalah disebabkan oleh parasit pediculus, yaitu suatu kutu yang dapat menghisap darah.

Cara mengatasi Pedikulosis

Cara mengatasi penyakit pedikulosis yaitu dengan cara memberikan permethrin merupakan cara paling efektif. Dan lidane tersedia dalam bentuk shampoo, krim atau losyen. Akan tetapi obat tersebut tidak dapat diberikan pada anak-anak sebab dapat menyebabkan komplikasi neurologis. Dalam 10 hari penggunaan tersebut, harus di gunakan kembali untuk membunuh kutu telur yang baru menetas. Untuk mengatasi kutu pada bulu mata anda dapat menggunakan jeli minyak polos untuk membunuh kutu pada bulu mata.

Macam Penyakit Kulit Akibat Parasit, Gejala, Penyebab & Cara Mengatasi

3.  Creeping Eruption (Cutaneous larva migrans)

Penyakit Creeping Eruption merupakan suatu infeksi cacing tambang pada kulit. Creeping dapat di temukan pada hewan, atau tanah yang hangat dan lembab. Penyakit ini dapat terjadi pada anak-anak yang tidak memakai sandal saat berjalan di tempat-tempat yang hangat dan lembab.

Gejala Creeping eruption

Gejala penyakit creeping eruption apabila larva tersebut mulai menyerang kulit manusia biasanya disertai dengan rasa gatal dan panas, dan kadang juga muncul papul berwarna kemerahan. Terdapatnya lesi papul menunjukan bahwa larva tersebut sudah lama berada pada kulit.

Penyebab Creeping eruptions

Penyebab penyakit creeping eruption adalah disebabkan larva yang berasal dari cacing tambang, dalam keadaan normal dapat hidup dalam tubuh kucing atau anjing.

Cara mengatasi Creeping eruption

Cara mengatasi penyakit creeping eruption yaitu anda dapat menggunakan larutan tiabendazole dioleskan pada daerah yang telah terinfeksi creeping eruption tersebut. 
Baca Juga : 6 Macam Penyakit Kulit Akibat Virus, Gejala, Penyebab & Cara Mencegah
Demikian tentang macam penyakit kulit akibat parasit, gejala, penyebab & cara mengatasi.

loading...
loading...
Back To Top