Jenis Penyakit Kulit | Penyebab Penyakit Kulit

Kumpulan Jenis Penyakit Kulit, Penyebab, Gejala, Cara Mengatasi dan Gambarnya.

4 Penyakit Kulit Kurap, Gejala, Penyebab & Cara Mengatasi

Penyakit kulit kurap, gejala, penyebab & cara mengatasi – Sebenarnya apa itu kurap ? Kurap ini bisa disebut dengan Tinea namun banyak orang menyebut dengan Ringworm yakni suatu infeksi jamur pada kulit. Kurap bisa menyerang dibagian tubuh dimana saja apalagi anda kurang menjaga kebersihan kulit maka akan lebih rentan terkena kurap yang dapat menyebabkan gatal – gatal pada kulit.
4 Penyakit Kulit Kurap, Gejala, Penyebab & Cara Mengatasi
Penyakit kulit kurap adalah salah satu jenis penyakit kulit yang sering menyerang manusia, baik itu orang yang sudah lanjut usia, remaja maupun anak – anak. Kurap bisa tumbuh di bagian tubuh di mana saja bisa di kulit kepala, punggung, leher, perut, lipatan paha namun yang paling sering yakni pada kaki.
Penyakit Kulit Kurap, Gejala, Penyebab & Cara Mengatasi

Oleh karena itu bagi anda ingin mengetahui lebih jauh tentang penyakit kulit ini mulai dari gejala, penyebab maupun bagaimana cara mengatasinya, maka anda dapat melanjutkan untuk membaca dibawah ini.

Gejala Penyakit Kulit Kurap

Adapun beberapa gejala penyakit kurap bagi anda memang benar terjangkit penyakit kurap diantaranya sebagai berikut.

Umumnya ciri – ciri khas dari kurap yakni terdapat ruam merah berbentuk lingkaran seperti cincin, lingkaran pinggir itu akan meninggi dan bersisik dan di bagian tengahnya sedikit cekung, gejala kurap khas lainya yakni akan sangat terasa gatal ketika anda berkeringat, apabila di garuk maka akan terjadinya peradangan pada kulit.

Tingkat gejala tersebut akan bertambah parah apabila tidak segera diatasi seperti ruam merah lingkaran akan bertambah banyak dan melebar, kemudian ruam – ruam tersebut akan menggabungkan diri dan bahkan bisa melepuh.

Penyebab Penyakit Kulit Kurap

Umumnya jamur penyebab penyakit kulit kurap yakni jamur dermatofit, jamur inilah yang mampu bertahan hidup pada kulit manusia. Selain itu ada jenis – jenis jamur yang bisa menjadi penyebab diantranya sebagai berikut.

1. Tinea Capitis

Yakni salah satu jamur yang dapat menyebabkan kurap ataupun kadas, jamur ini dapat tumbuh di bagian kepala.

2. Tinea Corporis

Yakni salah satu jenis jamur yang sering sekali menjadi penyebab timbulnya kadas maupun kurap, jamur ini mampu tumbuh di bagian tubuh dimana saja seperti punggung, perut maupun di leher.

3. Tinea Pedis

Yakni salah satu jamur juga menjadi penyebab timbulnya kadas / kurap, jamur ini sering menyerang kaki apalagi di bagian telapak kaki.

4. Tinea Crusis

Yakni salah satu macam jamur juga menjadi penyebab kurap, jamur ini sering menjangkiti di tempat yang lembab seperti lipatan paha.

Itulah beberapa jenis – jenis jamur yang menjadi penyebab kurap pada kulit. Adapun beberapa faktor resiko orang dengan mudah terkena penyakit kulit diantaranya.

1. Orang yang memiliki penyakit kronis seperti diabetes melitus.

2. Orang yang memiliki sistem imun yang lemah seperti penderita HIV.

3. Orang yang sebelumnya pernah terkena infeksi jamur.

4. Orang yang pernah mengalami Aterosklerosis.

5. Orang yang kurang menjaga kebersihan kulit dan lain sebagainya.

Cara Mengatasi Penyakit Kurap

Bagaimana cara mengatasi penyakit kurap maupun cara menghilangkan penyakit kulit kurap ? Adapun beberapa cara ampuh untuk mengatasinya diantaranya sebagai berikut.

Cara Menghilangkan Kurap Dengan Medis

Cara medis yakni dengan cara memberikan obat, krim maupun salep yang bisa anda temukan di apotik terdekat diantaranya.

1. Canesten

Selain itu canesten juga dapat mengatasi jamur pada kulit, seperti kurap maupun panu. Karena kandungan clotrimazole dalam canesten ini sebagai anti jamur yang efektif untuk mengatasi infeksi kulit jamur dermatofit.

2. Fungiderm

Fungiderm yakni salah satu krim kulit yang mampun mengatasi jamur dermatofit yakni jamur yang menjadi penyebab kurap . Namun bukan kurap saja yang dapat diatasi krim fungiderm ini akan tetapi juga mampu untuk mengatasi penyakit kulit lainnya seperti kadas, panu maupun kutu air.

3. Neo Ultrasiline

Obat yang lain untuk menghilangkan penyakit kulit jamur bisa memakai Nep Ultrasiline. Obat ini juga efektif untuk mengatasi penyakit kulit yang sering menyerang manusia seperti kudis, panu maupun kurap.

4. Kalpanax

Selain krim fungiderm anda dapat juga menggunakan krim kalpanax yang bisa anda temukan di apotik terdekat. Kalpanax berfungsi untuk mengatasi jamur dermatofit yang menjadi penyebab kurap itu muncul.

Selain obat diatas, untuk mengatasi jamur pada kulit secara ampuh anda dapat memakai salep maupun krim seperti bernesten, daktazol, mexoderm, fungares, fexazol, decycline, fuskrim, ketomed, fungasol, undencyl, baspan. Akan tetapi dalam kasus yang cukup parah, kemungkinan dokter akan memberikan obat oral seperti griseofulvin maupun terbinafine.

Cara Menghilangkan Kurap Dengan Alami

Anda dapat bahan alami yang dengan mudah di dapatkan di tempat tinggal anda untuk cara menghilangkan kurap secara alami, aman, mujarab dan ampuh sebagai berikut.

Kurap maupun panu salah satu jenis penyakit diakibatkan jamur yang menyerang pada kulit. Maka dari itu tidak heran apabila kulit yang terkena penyakit seperti kurap maupun panu akan terasa sangat gatal – gatal ketika berkeringat, jika anda sekarang ini sedang menderita anda dapat mencoba dengan ramuan mujarab sebagai berikut.

Bahan :

Belerang  : Secukupnya

Minyak kelapa : Secukupnya

Jeruk Nipis : Satu Buah

Cara Membuat :

1. Tumbuk belerang tersebut hingga menjadi halus.

2. Kemudian jeruk nipis di potong, di peras lalu di ambil airnya saja.

3. Sesudah itu campurkan semua bahan tersebut seperti serbuk belerang, air jeruk nipis dan minyak kelapa secukupnya saja.

4. Lalu semua bahan yang sudah di campur aduk hingga benar-benar menjadi rata.

Cara Memakai Ramuan :

Ramuan yang sudah jadi tersebut, kemudian di oleskan pada kulit yang terkena penyakit kulit seperti kurap maupun panu. Ulangi pemakian tersebut beberapa kali hingga sembuh total.
Itulah beberapa cara ampuh dan mujarab untuk cara menghilangkan kurap secara tuntas. Semoga informasi ini dapat menjadi bermanfaat bagi semua dan terimakasi telah membaca artikel kami ini, sekian dari kami mengenai penyakit kulit kurap, gejala, penyebab & cara mengatasi salam.
Back To Top