Kumpulan Jenis Penyakit Kulit, Penyebab Penyakit Kulit, Gejala Penyakit Kulit, Cara Mengatasi Penyakit Kulit dan Gambar Penyakit Kulit

Penyakit Kulit Vitiligo, Gejala, Penyebab & Cara Mengatasi

Penyakit kulit vitiligo, gejala, penyebab & cara mengatasi Apa itu vitiligo ? Pengertian vitiligo ialah suatu kondisi dimana kulit tersebut kehilangan melanin pigmen yang menentukan warna kulit. vitiligo terjadi saat sel-sel yang memproduksi melanin tersebut mati atau tidak lagi dapat membentuk melanin. Hal ini dapat menyebabkan secara pelahan akan semakin besar bercak putih dan tidak teratur muncul pada kulit tersebut.
Penyakit Kulit Vitiligo, Gejala, Penyebab & Cara Mengatasi
Penyakit Kulit Vitiligo, Gejala, Penyebab & Cara Mengatasi
Penyakit kulit vitiligo merupakan penyakit langkah yang banyak dijumpai di Negara lainnya. Akan tetapi di Indonesia pun juga terkena penyakit langkah tersebut yaitu penyakit kulit vitiligo. Dalam kasus penyakit ini suling diprediksi, sebab umumnya dapat berbeda-beda setiap penderita. Seperti ada yang mengalami penyebaran bercak dengan lambat dan anda juga yang penyebaran bercak secara cepat. Namun sebagian besar penderita secara lambat mengalami kehilangan pigmen kulit.
Penyakit Kulit Vitiligo, Gejala, Penyebab & Cara Mengatasi

Gejala penyakit Vitiligo

Gejala Vitiligo dan tanda-tanda vitiligo yang utama adalah kehilangan pigmen yang dapat menghasilkan bercak yang awal berwarna lebih muda dari kulit normalnya, lalu kemudian akan berubah menjadi bercak putih. Beberapa bagian tubuh yang rentan terkena vitiligo adalah bagian tubuh yang sering terkena sinar matahari, seperti pada wajah, tangan, leher, dan kaki. Selain itu penyakit kulit vitiligo juga dapat menyerang akar rambut yang dapat menyebabkan muncul uban pada jengot, rambut, alis dan bulu mata.

Walaupun penyakit vitiligo tidak menimbulkan ruam ataupun iritasi, akan tetapi terkadang bercak tersebut juga terasa gatal saat tertentu. Vitiligo terbagi dua kategori, yang pertama vitiligo yang dapat menyerang bagian salah satu sisi tubuh dan yang kedua dapat menyerang kedua sisi tubuh tersebut. akan tetapi yang paling umum adalah menyerang kedua sisi tubuh atau menyeluruh.

Penyebab penyakit Vitiligo

Vitiligo dapat terjadi saat kulit tersebut tidak dapat memproduksi melanin secara memadai. Melanin merupakan senyawa yang dapat melindungi kulit dari sinar matahari dan yang menentukan warna kulit.

Penyebab penyakit vitiligo belum di ketahui dengan pasti. Namun di duga kemukinan dapat disebabkan oleh beberapa faktor diantranya adalah :

1. Bisa karena faktor keturunan, karena  adanya peningkatan insiden vitiligo dalam beberapa keluarga.

2. Sering terbakar sinar matahari

3. Terlalu banyak pikiran (stres)

4. Terkena bahan klmla keras

5. Mengincap penyakit autoimun yang lain, seperti diabetes, hipertiroidisme atau lainya.

Walaupun penyakit kulit vitiligo tidak mengacam jiwa dan tidak dapat menular. Akan tetapi penyakit ini dapat menurunkan percaya diri terhadap penderitanya.

Diagnosis penyakit vitiligo

Ada beberapa jenis pemeriksaan yang akan di anjurkan oleh dokter adalah dengan pemeriksaan kulit yang menggunakan lampu ultraviolet, test ini berguna untuk mengetahui apakah terjangkit penyakit lain atau benar penyakit vitiligo.

Menggunakan test darah yang mungkin di anjurkan dari dokter untuk memeriksa kemungkinan adanya kondisi autoimun yang lain. Seperti penyakit diabetes atau penyakit lainya.

Akan tetapi pada umumnya untuk diagnosis penyakit ini dapat melalui pemeriksaan fisik. Apabila di duga benar menderita vitiligo, dokter akan menanyakan tentang riwayat kesehatan anda dan keluarga anda, dan juga dokter akan menanyakan beberapa lama gejala vitiligo yang sudah dialami.

Cara mengatasi penyakit vitiligo

Cara mengatasi penyakit vitiligo, dalam penanganan penyakit vitiligo yang utama adalah dengan cara menggunakan pelindung kulit agar tidak tepapar sinar matahari. Hal ini berguna untuk memperlambat perkembangan penyakit vitiligo menyebar cepat. Seperti menggunakan tabir surya SPF30 berguna melindungi kulit agar tidak mudah terbakar oleh sinar matahari dan mencegah kerusakan kulit yang lebih parah. Untuk menyamarkan bercak putih vitiligo.

Selain itu ada berapa krim atau salep untuk mengatasi vitiligo yaitu menggunakan seperti :

1. Kortikosteroid

Krim atau salep kortikosteroid dianjurkan dokter apabila penderita vitiligo hanya mempunyai bercak putih hanya sebagian tubuh saja. krim ini tidak dianjurkan pada kulit sangat sensitif seperti wajah, selain itu salep ini juga tidak dianjurkan pada wanita hamil. Sebab salep ini mempunyai efek samping seperti kulit yang menipis.

2. Terapi laser

Terapi laser ini bertujuan untuk mengembalikan warna kulit anda. akan tetapi terapi ini hanya dapat untuk mengatasi penyakit vitiligo hanya menyerang sebagian kecil saja.

3. Fototerapi UVA dan UVB

Fototerapi ini dianjurkan apabila bercak tersebut tidak dapat di tangani dengan ob4t oles atau bercak yang telah menyebar luas kebagian tubuh, terapi ini berfungsi untuk mengembalikan warna kulit, akan tetapi mempunyai efek samping juga seperti resiko kanker kulit.

Apabila penyakit kulit vitiligo tidak segera ditangani maka dapat menyebar luas keseluruh tubuh anda. Apabila tidak segera ditangani dapat menyebabkan kulit sangat sensitif terhadap sinar matahari, sehingga kulit akan mudah terbakar dan dapat menyebabkan resiko kanker kulit. Jadi apabila anda mengindap penyakit vitiligo maka segera konsultasikan pada dokter spesialis.
Demikian mengenai Penyakit Kulit Vitiligo, Gejala, Penyebab & Cara Mengatasi.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Jenis Penyakit Kulit Lainya : Penyakit Kulit Vitiligo, Gejala, Penyebab & Cara Mengatasi