Jenis Penyakit Kulit

Kumpulan Jenis Penyakit Kulit, Penyebab, Gejala, Cara Mengatasi dan Gambarnya.

70 Jenis Penyakit Kulit, Beserta Gambarnya

loading...
Jenis penyakit kulit, beserta gambarnya – Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang macam dan jenis penyakit kulit. Sebenarnya daftar nama penyakit kulit itu sangat banyak mulai dari yang ringan hingga yang berat, pada umumnya dapat disebabkan oleh bakteri, alergi, jamur ataupun virus, yang dapat menyerang manusia. Itu tergantung sistem kekebalan tubuh anda, jika sistem kekebalan tubuh anda lemah, maka anda dapat terserang.
40 Jenis Penyakit Kulit, Beserta Gambarnya
Bagi anda yang mempunyai bisul apalagi terletak dipantat. anda pasti sangat menderita sekali, kenapa ? karena anda tidak bisa duduk secara bebas. Memang bisul dapat mengganggu aktifitas anda sehari-hari, maka rajinlah menjaga kebersihan anda agar anda terhindar dari busul.

Lalu apa saja macam penyakit kulit ? Bagi anda yang ingin tahu ataupun tidak sabar ingin melihat, anda dapat melanjutkan membaca dibawah ini. Berikuti ini adalah jenis penyakit kulit dan gambar penyakit kulit yang perlu anda waspadai.

69 Jenis Penyakit Kulit Berserta Gambarnya


1. Bisul
Bisul dapat disebabkan oleh infeksi bakteri (staphylococcus aureus). Jenis penyakit kulit bisul mempunyai ciri yang khas seperti terdapat benjolan besar, kulit merah dan berisi nanah, bisul dapat tumbuh pada bagian yang lembab seperti pantat, ketiak, lipatan paha, leher bahkan kepala.

Faktor penyebab terkena penyakit bisul pada umumnya adalah. Kurangnya menjaga kebersihan diri, bahan kosmetik yang menyumbat pori-pori, luka yang sudah terinfeksi, dan pelemahan diabetes. Untuk menghindari hal ini terjadi, anda dapat melakukan dengan cara rutin menjaga kebersihan anda serta mengkomsumsi buah-buah agar sistem kekebalan anda terjaga.
2. Kurap
Kurap dapat disebabkan jamur. Gejala penyakit kulit kurap pada umumnya terdapat lingkaran-lingkaran dan bercak putih, bersisik lembab, terasa gatal, berair dan jadi tebal. kurap dapat timbul dibagian tekuk leher dan kepala, faktor penyebab kurap adalah tidak menjaga kebersihan, maka selalu menjaga kebersihan agar terhindar.

Baca Juga : 4 Penyakit Kulit Kurap, Gejala, Penyebab & Cara Mengatasi
3. Kudis
Kudis dapat disebabkan sarcoptes scanbie var hominis. Gejala kudis seperti terasa sangat gatal di malam hari, biasanya kudis dapat timbul dibagian sela-sela tangan, sela-sela jari kali, pinggang, dibawah ketiak dan lain sebagainya.

Kudis merupakan penyakit yang mudah menular. Secara sengaja ataupun tidak sengaja bila tersentuh pada bagian kudis, untuk menghindari  kudis, anda dapat menjaga kebersihan diri dan lingkungan disekitar anda.
4. Jerawat
Pasti semua orang sudah merasakan yang satu ini yaitu jenis penyakit kulit jerawat. Jerawat merupakan penyakit yang sangat umum terjadi oleh manusia, jerawat dapat disebabkan oleh bakteri yang berkembang di pori-pori, sehingga dapat menimbulkan jerawat.

Selain timbul diwajah, jerawat juga dapat tumbul di tubuh. Cara untuk mencegah jerawat, dengan cara rajin menjaga kebersihan diri dan selalu mencuci muka.


5. Herpes
Herpes dapat disebabkan oleh infeksi bakteri dan virus. Herpes terdapat dua jenis, dikarenakan ada dua virus yang dapat menyembabkan herpes seperti virus herpes simpleks (HSV) dan virus varicella zoster.

Baca Juga : Penyakit Kulit Herpes, Ciri-Ciri & Penyebabnya
6. Campak
Campak dapat disebabkan virus. Campak pada umumnya sering menyerang pada anak-anak, Campak ini merupakan penyakit akut menular. Gejala campak seperti demam, pilek dan bersin, nafsu makan mejadi turun, badan terasa lesu, dan radang mata. Setelah beberapa hari kemudian akan muncul ruam merah yang gatal dibeberapa bagian tubuh.

Baca Juga : Penyakit Kulit Campak, Gejala, Penyebab & Cara Mengatasi
7. Cacar air
Cacar air disebabkan oleh virus. Ketika cacar air menyerang, tubuh akan mengalami demam, kemudian pada permukaan tubuh muncul bintik-bintik merah yang berisi air dan cepat menyebar.

Bagi anda yang menderita cacar air. Jangan menggaruknya, karena pada saat sembuh akan meninggalkan bekas. Setelah beberapa hari kemudian, bintik-bintik tersebut akan mengering secara pelahan-lahan, disarankan untuk mengkomsumsi banyak vitamin seperti buah-buahan dan istirahat yang cukup, agar mempercepat proses penyembuhan.

Baca Juga : Penyakit Kulit Cacar Air, Gejala, Penyebab & Cara Mencegah
8. Ketombe
Ketombe mempunyai gejala seperti berminyak, kulit merah, bersisik, terasa gatal dan bau, penyebab ini diduga seboroid yang terjadi di kepala atau sering disebut ketombe.


Baca Juga : 7 Penyebab Gatal Pada Kulit, beserta Tanda-Tandanya
9. Panu
Panu dapat disebabkan oleh jamur. Jenis penyakit kulit panu ditandai dengan bercak putih, jika berkeringat terasa gatal. Bercak tersebut dapat berwarna putih, merah ataupun coklat tergantung warna  tersebut.

Penyebab timbulnya panu disebabkan kurangnya menjaga kebersihan. untuk mengatasi panu tersebut dengan cara rajin membersihkan, diri dan harus segera diatasi karena panu cepat menyebar. Anda dapat memanfaatkan daun sirih + kapur sirih yang dicampur kemudian oleskan pada bagian panu.

Baca Juga : Penyakit Kulit Panu, Gejala, Penyebab & Cara Mengatasi


10. Sariawan
Jenis penyakit kulit seperti sariawan disebabkan karena adanya pembengkakan dijaringan lunak. Sariawan menimbulkan rasa sakit pada bagian mulut atau pada bibir, yang berbentuk luka terbuka dan terasa sakit. Sariawan umum terjadi pada setiap orang.
11. Kutil
Kutil disebabkan oleh virus human papillmavirus. Kutil dapat menular dan tidak baik untuk estetika.



12. Impetigo
Impetigo disebabkan oleh dua bakteri staphylococcus pyogenes atau staphylococcus aureus. Untuk perawatannya tergantung jenis bakteri apa yang menyerang, Impetigo ini termasuk penyakit yang menular, impetigo dapat muncul dibagian leher, wajah, ataupun di tangan.

Impetigo sering menyerang pada anak ataupun bayi yang baru lahir, impetigo jarang terjadi pada orang dew@sa. Namun Impetigo ini dapat sembuh dengan sedirinya dalam waktu dua hingga tiga minggu.


Baca Juga : 5 Penyakit Kulit Menyerang Pada Bayi, Gejala & Cara Mengatasinya
13. Eksim
Jenis penyakit kulit eksim dapat ditandai gejala seperti gatal-gatal pada kulit, menjadi merah, pecah-pecah, bersisik, dan terdapat gelembung-gelembung kecil yang isinya air atau nanah. Kulit yang sering terkena eksim adalah pada bagian kaki, tangan, telinga dan lipatan paha.

Baca Juga : Penyakit Kulit Eksim, Gejala & Penyebabnya
14. Psoriasis
Psoriasis ini merupakan jenis penyakit kulit yang sulit untuk didiagnosa. Psoriasis adalah penyakit yang tidak menular, gejala penyakit kulit psoriasis timbul bercak merah dan diatas terdapat sisik putih yang tebal serta menempel berlapis-lapis. Jika digaruk maka sisik putih tersebut akan rontok.

Baca Juga : 8 Penyakit Kulit Psoriasis, Gejala, Penyebab & Cara Mengatasi
15. Melanoma
Melanoma adalah kanker kulit. Melanoma merupakan penyakit kulit berbahaya, karena dapat menyebabkan kematian jika tidak segera diatasi.

Melanoma merupakan penyakit kanker yang dapat menyebabkan perubahan pada tahi lalat. Salah satu tanda timbulnya melanoma adalah tahi lalat yang membesar, terjadi perubahan warna tahi lalat, dan peradangan disekitar tahi lalat.


Baca Juga : 13 Penyakit Paling Berbahaya dan Mematikan di Dunia
16. Seborrheic keratosis
Seborrheic keratosis merupakan penyakit yang tidak berbahaya. Akan tetapi Seborrheic keratosis ini dapat membuat penderita menjadi minder atau malu. Namun Seborrheic ini sering dibedakan antara seborrheic keratosis dengan melanoma.

Melanoma merupakan kanker kulit yang berbahaya. Jika tiba-tiba menjadi berubah segera konsultasikan diri kedokter. Seborrheic keratosis dapat muncul dibagian perut, dada dan bahu. Ciri-cirinya bengkak dan terasa kasar, terasa tebal, berbentuk oval dan berwarna coklat, putih ataupun kunning. Orang yang terkena seborrheic keratois dikarenakan faktor genetic, sering terkena UV dan faktor usia.


Baca Juga : 10 Jenis Penyakit Kulit Paling Berbahaya dan Mematikan di Dunia
17. Lepra
Lepra dapat disebabkan oleh bakteri mycobacterium leprae. Gejala penyakit kulit lepra ditandai dengan kulit tampak mengkerut, dan telah akut bakterinya dapat mengkomsumsi daging ataupun kuit.
18. Infeksi jamur
Infeksi jamur disebabkan oleh jamur. Jamur yang tumbuh dipermukaan kulit, yang dapat menyebabkan kerusakan serta terasa gatal. Bila tidak segera ditangani akan cepat menyebar.


Baca Juga : 8 Macam Penyakit Kulit Karena Jamur, Gejala & Cara Mengatasinya


19. Keloid
Keloid yang dapat timbul disekitar luka. Untuk memperbaiki luka dikulit, akan tetapi keloid tersebut berkembang tidak terkendali yang dapat meninggalkan daging seperti menonjol diluka tersebut, bahkan dapat lebih besar daripada lukanya.
20. Lupus
Jenis penyakit kulit seperti lupus dikarenakan sistem kekebalan terganggu. Sehingga virus dapat masuk melalui kulit, Lupus dapat menjadi masalah berlanjut jika tidak segera diatasi seperti ginjal, kulit, bahkan sistem syaraf.
21. Hemangioma
Hemangioma merupakan pertumbuhan daging pada kulit namun bukan kanker. Penyakit hemangioman disebabkan organ dalam biasanya pada hati, Hemangioma ini tidak disebabkan dari faktor luar. Orang yang terkena hemangioma kemungkinan sudah dari lahir.
22. Rosacea
Rosacea merupakan gangguna penyakit kronis. Penyebab belum diketahui secara pasti. Ciri khasnya dari jenis penyakit kulit rosacea adalah terdapat lingkaran kecil yang berwarna merah dan berisi nanah. Rosacea dapat timbul di hidung, pipi, dan kening.
23. Necrotizin Fascitis
Necrotizing fascetis disebabkan oleh bakteri streptococcus. Infeksi jaringan lunak yang dapat menghancurkan jaringan kulit, otot dan jarinan penghubung. Bakteri ini menyebar sangat cepat, infeksi ini dapat terjadi dari luka kecil. Jika anda terkena infeksi bakteri streptococcus segera konsultasikan diri kedokter.

Baca Juga : Penyakit Kulit Necrotizing Fasciitis, Gejala, Penyebab & Cara Mengatasi

24. Cutaneous Candidiasis
Cutaneous candidiasis disebabkan oleh jamur. Jenis penyakit kulit ini tidak menggaggu kesehatan, kecuali jika terdapat jamur candida kemungkinan dapat menyebabkan gangguan kesehatan. Candidiasis dapat ditangani dengan cara perbaikan kesehatan tubuh dan hygiene.


25. Vitiligo
Vitiligo disebabkan oleh kehilangan pigmen kulit.  Pigmen berfungsi sebagai pewarna, jika kehilangan pigmen tersebut, maka dapat menyebabkan sebagian warna menjadi bercak putih. vitiligo tidak dapat disembuhkan jika sel pigmen pada sudah tidak ada, akan tetapi jika masih ada kemungkinan dapat normal kembali.

Baca Juga : Penyakit Kulit Vitiligo, Gejala, Penyebab & Cara Mengatasi
26. Selulitis
Selulitis disebabkan oleh infeksi bakteri. Ciri Selulitis adalah berwarna merah, lunak dan terasa panas, dan bintik merah tersebut dapat menyebar dengan cepat. Jenis penyakit kulit selulitis bisa terasa nyeri dan sangat sakit, selulitis dapat terjadi pada kaki, dan juga pada tubuh. Selulitis harus segera ditangani karena cepat menyebar dan membahayakan.
27. Hypohidrosis
Hypohidrosis merupakan penyakit yang tidak dapat mengeluarkan keringat seperti normalnya. Dikarenakan kelenjar keringat tidaklah berfungsi dengan baik lagi. Ketidakmampuan berkeringat dengan normal dapat menyebabkanya tubuh menjadi panas, efeknya akan menyebabkan kejang-kejang dan juga dapat menyebabkan kematian.
28. Decubitus ulcers
Decubitus ulcers merupakan luka terbuka pada kulit. Decubitus ulcers biasanya muncul dibagian pantat, punggug, ankle ataupun pinggul. decubitus ulcers sering terjadi pada orang tua, cacat ataupun lumpuh.
29. Dermatomyositis
Dermatomyositisbelum diketahui secara pasti penyebabnya. Namun para ahli memperkirakan dermatomyositis penyebabnya hampir mirip dengan penyakit auto immune.

Penyakit dermatomyositis merupakan pembengkakan cukup langka. Dimana otot yang membengkak, dan otot menjadi terasa lemas, Dermatomyositis dapat menyerang pada orang dew4sa ataupun anak-anak.
30. Molluscum contagiosum
Jenis penyakit kulit seperti molluscum contagoisum disebabkan oleh virus molluscum. Virus ini dapat menyebabkan tumor jinak, dengan berciri-ciri terdapat benjolan kecil pada kulit.


Baca Juga : 6 Macam Penyakit Kulit Akibat Virus, Gejala, Penyebab & Cara Mencegah
31. Fungal nail infection
Fungal nail infection disebabkan oleh infeksi jamur. Penyakit kulit ini sering menyerang dibagian kuku, infeksi ini bisa berkembang seiring berjalannya waktu, ada terdapat jenis-jenis infeksi jamur, jadi setiap jenis jamur dibutuhkan perawatan yang berbeda juga.

Infeksi jamur pada kuku bisa terjadi jika. : sistem kekebalan menurun, menggunakan kuku palsu, mempunyai jempol atau jari yang lembab jangka lama, wanita sudah lanjut usia, menggunakan sepatu terlalu kecil, mempunyai penyakit diabetes mellitus, dan berenang dikolam renang umum.
32. Schyosis vulgaris
Schyosis vulgaris merupakan jenis penyakit kulit yang dapat menyebabkan kulit menjadi kering. Karena sel yang sudah mati berkumpul sehingga membentuk kerak di bagian luar.


33. Ingrown nails
Ingrown nails merupakan penyakit kulit yang terjadi pada jempol kaki. Rasa sakit yang ditimbulkan karena bagian sisi dari kuku tumbuh dan menembus kulit, akan tetapi ini tidak berbahaya, anda bisa untuk merawat sendiri dengan cara menjaga kuku tidak menembus kulit.

Namun apabila keadaan semakin parah dapat terjadinya infeksi yang lain. Penyebab ingrown nail disebabkan karena memotong kuku yang tidak benar, cedera pada bagian kuku, menggunakan sepatu terlalu kecil dengan kaki, dan bentuk kuku tidak simetris.
34. Pilonidal sinus
Pilonidal sinus merupakan pembengkakan kecil. Pilonidal sinus sering terjadi pada bagian atas lipatan pantat, apabila terjadi infeksi maka akan mengeluarkan nanah, dan baunya tidak enak. Pilonidal sinus ini juga dapat menimbulkan rasa yang sakit, dan pilonidal sinus dapat terjangkit pada pria yang sudah dew4sa.
35. Erysipelas
Erysipelas merupakan infeksi bakteri pada bagian luar. Erysipelas mempunyai kesamaan dengan  Selulitis, yaitu infeksi terjadi pada bagian mesodermis . Penyakit  kulit ini sering timbul dibagian kaki bahkan dapat diwajah.

36. Acrodermatitis
Acrodermatitis mempunyai nama lain sindrom gianotti-crosti. Jenis penyakit kulit ini dapat menyerang pada anak di usia 6 bulan hingga 12 tahun, walaupun acrodermatitis jarang terjadi, namun ini termasuk penyakit kulit dapat menular.

Acrodermatitis ditandai dengan demam, terasa lelah, dan terdapat benjolan yang berwarna ungu kemerahan yang gatal. Untuk penyebab penyakit kulit acrodermatitis belum diketahui secara pasti, akan tetapi virus epstier-bar adalah virus yang sering dikaitan dengan Acrodermatitis ini, selain virus tersebut ada virus lain yang dapat dikaitan dengan virus ini seperti virus syncytal, virus parainfluenza, dan cytomegalovirus.


Baca Juga : 10 Jenis Penyakit Menular Berbahaya dan Mematikan di Dunia
37. Kista sebaceous
Kista sebaceous yaitu jenis penyakit kulit dengan pembengkakan pada kelenjar sebaceous yang berisi nanah. Penyebab kista sebaceous adalah pembengkakan sel basah, syndrome gardner, luka parut yang terinfeksi dan luka bekas operasi.
38. Diaper rash
Diaper rash merupakan iritasi. Diaper rash sering terjadi pada balita yang biasa umum terjadi, Diaper rash ini dapat menyebabkan warna merah dan rasa panas, karena bergesekan dengan popok bayi.
39. Hives
Hives disebabkan oleh reaksi terhadap alergi. Seperti alergi peng0batan, alergi benda-benda yang dapat menyebabkan iritasi dan menjadi alergi.

Baca Juga : Penyakit Kulit Biduran (Urtikaria), Gejala, Penyebab & Cara Mengatasi
40. Dyshidrotic eczema
Dyshidrotic eczema. Merupakan jenis penyakit kulit dengan kondisi dimana terdapat benjolan yang dapat muncul dibagian telapak tangan atapun dibawah kaki, benjolan itu berisi cairan dan terasa gatal. Dyshidrotic eszema hanya dapat bertahan dua hingga tiga mingguan. Hal ini juga dapat dikaitan dengan alergi musim atau terlalu stres.

 41. Paronikia


Paronikia sering disebut sebagai paronychia yakni salah satu infeksi pada kuku. Penyebab paronikia oleh bakteri staphylococcus aureus maupun jamur yang masuk melalui luka pada kulit tersebut.

42. Pitted Keratolysis
69 Jenis Penyakit Kulit, Beserta Gambarnya

Pitted keratolysis ialah salah satu jenis penyakit kulit yang sering menyerang pada bagian telapak kaki, bisa juga pada telapak tangan. Penyebab penyakit kulit pitted keratolysis oleh bakteri bernama Coryneform. Ciri khas penyakit kulit memiliki lubang – lubang kecil tumpang tindih yang lain.


Baca Juga : Penyakit Kulit Pitted Keratolysis, Penyebab & Cara Mengatasi
43. Dermatitis Seboroik

Dermatitis seborik atau seborrhea salah satu penyakit kulit sering menjangkiti pada manusia. Penyebab penyakit kulit ini di akibatkan oleh jamur Malassezia. Faktor resiko terkena dermatitis seboroik dapat karena obat – obatan, stres, pengaruh cuacah dan mengaruk kulit ketika tangan kotor.


Baca Juga : Penyakit Kulit Dermatitis Seboroik, Gejala, Penyebab & Cara Mengatasi

44. Ichyosis Vulgaris

Ichyosis vulgaris dapat disebut juga penyakit kulit sisik ikan. yakni salah satu kelainan kulit menimbulkan sel – sel kulit mati. Penyebab sisik ikan belum diketahui dengan pasti, namun banyak menduga disebabkan faktor keturunan. ciri – ciri penyakit sisik ikan yaitu kulit kering, terasa kasar, pecah-pecah hingga menebal.

45. Intertigo

Penyakit kulit intertigo salah satu penyakit kulit disebabkan oelh infeksi jamur, penyakit ini sering menyerang pada anak – anak. Penyebab penyakit kulit intertrigo di duga dari jamur candida albicans. Faktor resiko lebih mudah terkena penyakit intertigo diantranya kulit yang lembab, seperti ketiak, lipatan tubuh, paha dan lain sebagainya.

46. Dermatitis Atopik

Dermatitis atopik penyakit kulit sering menyerang pada anak – anak. Dermatitis atopik ialah penyakit kulit kronis yang dapat bertahan lama dan kadang – kadang hilang dan kadang juga muncul lagi. Gejala dermatitis atopik kulit terasa gatal – gatal pada saat malam hari, menebal, ruam merah serta mempunyai lepuhan berisi cairan. Penyebab dermatitis atopik berasal bakteri Staphylococcus aureus. Faktor pemicu bisa alergi makanan / obat , sistem imun lemah.


Baca Juga : Penyakit Kulit Dermatitis Atopik, Gejala,Penyebab & Cara Mengatasi

47. Scabies

Scabies ialah salah satu penyebab gatal pada kulit. Penyebab jenis penyakit kulit scabies karena parasit tungau sarcoptes scabiei varian hominis. Gejala scabies yakni gatal – gatal pada malam hari. Faktor penyebab terkena scabies kontak langsung maupun pakaian penderita.

48. Kutu Air

Kutu air ialah salah satu jenis penyakit kulit banyak menyerang manusia baik anak maupun muda. Penyebab kutu air karena jamur trichophyton. Penyakit kulit yang dapat menjangkiti bagian kaki, tangan dan tubuh lainya. Faktor resiko kurang menjaga kebersihan, kulit lembab.

49. Lipoma

Llipoma ialah kelainan pada kulit, penyakit lipoma tidak berbahaya namun beberapa kasus ditemukan dapat menjadi berbahaya. faktor penyebab penyakit lipoma faktor keturunan, mempunyai penyakit lain dan usia. Ciri – ciri terkena limpoma bisa di lihat dari benjolan besar di kulit.

50. Cutaneous Larva Migrans

Cutaneous larva migrans atau Creeping Eruption yaitu jenis penyakit kulit menyerang telapak kaki, di mana larva dapat berpindah di bawah permukaan kulit. Penyebab oleh beberapa parasit seperti uncinaria, ancylostoma, ancylostoma. Faktor resiko di akibatkan tidak memakai alas kaki jika berjalan di tanah dan tempat yang kotor


Baca Juga : 3 Macam Penyakit Kulit Akibat Parasit, Gejala, Penyebab & Cara Mengatasi

51. Argyria

Argyria atau argyrosis menjadi salah satu penyakit kulit aneh dan langka. Hal tersebut karena penderita mengalami perubahan pada kulit menjadi kebiruan.

52. Clavus

Clavus atau jenis penyakit kulit mata ikan. Penyakit kulit menjangkiti bagian telapak kaki, tangan hingga sela – sela jari. Penyebab clavus ialah virus human papiloma virus.

53. Zoonosis

Zoonosis ialah macam penyakit kulit yang menjijikan dan berbahaya. Hal tersebut karena penderita akan mengalami kulit terbuka. Penyebab di akibatkan oleh gigitan serangga Sandfly.

54. Xeroderma Pigmentosum

Xeroderma pigmentosum juga termasuk jenis penyakit kulit langka dan aneh. Penderita akan mengalami sensitif terhadap cahaya sehingga membuat kulit menjadi terbakar. Penyebab di duga faktor keturuan ataupun autosomal.

55. Pedikulosis

Pedikulosis yakni disebabkan oleh parasit. Parasit penyebab yaitu pediculus.

56. Karbunkel

Karbunkel disebabkan oleh bakteri stafilooccus. Ciri-ciri orang yang terkena karbunkel tumbuh beberapa bisul yang menyatu, membengkak hingga terasa nyeri.


Baca Juga : 7 Macam Penyakit Kulit Akibat Bakteri,Gejala, Penyebab & Cara Mencegah

57. Eritrasma

Eritrasma yakni disebabkan akibat bakteri. Bakteri penyebab bernama corynebacterium minutissimun. Umum jenis penyakit ini sering menjangkiti banyak menyerang penderita diabetes serta orang telah berusia lanjut.


Baca Juga : 12 Macam Penyakit Kulit Akibat Diabetes, dan Cara Mengatasi

58. Dermatitis Kontak Alergi

Dermatitik kontak alergi juga salah satu jenis penyakit kulit sering sekali menyerang anak-anak. Gejala akan muncul ruam merah, melepuh, bintil yang keluar air. Faktor penyebab alergi dengan deterjen, sabun bahkan makanan.


Baca Juga : 10 Penyakit Kulit Menyerang Pada Anak-Anak, Gejala & Cara Mengatasi

59. Eritema Infektiosum

Eritem infektiosum atau fifth disease ialah salah satu jenis penyakit kulit menyerang pada anak-anak. Gejala yaitu demam dan pilek. Sesudah itu, keluar ruam di wajah menyebar ke tubuh, kaki, tangan. Penyebab yakni virus parvovirus B19.

60. Tinea Capitis

Tinea captitis di karenakan akibat jamur menyerang kulit kepala maupun tubuh. Penyebab jenis penyakit kulit ini karena jamur trichophyton, gejala dapat rambut rontok, ruam, bersisik dan terasa sakit jika di sentuh.

61. Neurofibromatosis

Neurofibromatosis penyakit kulit aneh dan mengerikan, penderita mengalami benjolan di seluruh tubuh. Penyebab banyak menduga di akibatkan karena mutasi genetik.


Baca Juga : 8 Macam Jenis Penyakit Kulit Akibat Kerja

62. Porphyria

Porphyria juga di sebut sebagai penyakit vampire, penderita akan alergi terhadap sinar matahari, sehingga kulit menjadi mudah terbakar. Faktor penyebab bisa di karenakan faktor keturunan.

63. Granuloma Annulare

Granuloma annulare salah satu macam penyakit kulit kronis, penderita akan mengalami benjolan kemerahan. Penyebab banyak menduga di karenakan tergigit serangga ataupun hewan, terkena infeksi dan sering terkena UV.


Baca Juga : 10 Jenis Penyakit Kulit Pada Kucing dan Cara Mengobatinya

64. Tinea Pedis

Penyakit kulit tinea pedis bisa juga dipanggil Athlete’s foot yakni menjadi salah satu infeksi pada kaki. Penyebab dari jamur epidermophyton floccosum.

65. Blaschko’s lines

Blascho’s lines salah satu jenis penyakit kulit kategori langka, penderita dapat mengalami garis – garis kulit disekujur tubuh.

67. Tinea Cruris

Tinea cruris penyakit kulit di karenakan oleh jamur. Faktor dapat karena obesitas, penyakit lain, sistem imun lemah.

68. Alopecia Areata

Alopecia areata yakni jenis penyakit kulit kepala. Gejala bisa kerontokan rambut. Faktor penyebab yakni genetik, obat, riwayat penyakit lain hingga gangguan autoimun.

69. Hypertrichosis

Hypertrichosis yakni jenis penyakit kulit menjijikan dan juga aneh. Penderita bisa mengalami tubuh rambut lebat diseluruh tubuh secara merata.

70. Epidermodysplasia Verruciformis

Epidermodysplasia verruciformis ialah jenis penyakit kulit aneh dan mengerikan, Penderita dapat mengalami kulit yang keras layaknya manusia pohon. Penyebab salah satu penyaktit kulit ini dapat di sebabkan oleh virus Human Papillomavirus (HPV).


Baca Juga : 10 Macam Penyakit Kulit Paling Aneh dan Ngeri di Dunia

Itulah daftar nama dan gambar penyakit kulit yang perlu anda waspadai. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat dan demikian mengenai jenis penyakit kulit, beserta gambarnya

loading...
loading...
Back To Top