Jenis Penyakit Kulit

Kumpulan Jenis Penyakit Kulit, Penyebab, Gejala, Cara Mengatasi dan Gambarnya.

8 Macam Penyakit Kulit Karena Jamur, Gejala & Cara Mengatasinya

loading...
Macam penyakit kulit disebabkan jamur, gejala & cara mengatasinya – Jamur ialah salah satu mikroorganisme penyebab penyakit kulit pada manusia. Jamur dapat tumbuh dimana saja seperti di udara, air, pakaian, tanah dan bahkan dapat tumbuh di tubuh manusia.
8 Macam Penyakit Kulit Karena Jamur, Gejala & Cara Mengatasinya
Namun Jamur juga dapat juga menyerang hewan dan manusia. Lalu apa saja penyakit kulit yang disebabkan oleh jamur. Sangat penting sekali bagi anda yang tahu tentang penyakit kulit yang satu ini. Sebab jika tidak segera di sembuhkan atau di atasi maka akan menyebar di kulit anda dan susah untuk diatasi. Maka dari itu luangkan waktu anda untuk membaca informasi ini. disini anda akan mengetahui gambar penyakit kulit jamur, gejala dan cara mengatasinya. Berikut ini adalah jenis-jenis penyakit kulit yang disebabkan oleh jamur berserta gambarnya.

Macam Penyakit Kulit Karena Jamur, Gejala & Cara Mengatasinya


1. Penyakit  Panu

Penyakit panu mempunyai nama lain yakni tinea vesicolor. Merupakan infeksi jamur yang dapat merusak jaringan luar kulit, penyakit panu ini sering banyak menyerang pada anak-anak dan remaja.

Gejala atau tanda-tanda penyakit jamur panu adalah terdapat bintik-bintik putih yang terinfeksi oleh jamur dalam jumlah yang banyak serta terpisah-pisah.
Cara mengatasi penyakit panu di wajah atau di tubuh adalah dengan cara mengoleskan salep atau cream anti jamur yang dapat anda temukan di apotik terdekat sehingga jamur akan dapat diatasi dengan cepat dan tidak menyebar ke area kulit yang lain.


2. Penyakit Kurap

Penyakit kurap mempunyai nama ilmiah yakni tinea corposis. Merupakan sejenis penyakit jamur lainnya. Pada umumnya infeksi ini tertular dari sentuhan atau kontak langsung, ataupun tidak secara langsung dengan orang yang telah terinfeksi, pakaian, furniture yang terdapat jamur ini atau hewan.

Gejala atau tanda-tanda penyakit kurap yaitu terlihat pada area terinfeksi yang berbentuk melingkar yang berwarna merah seperti cincin.

Cara mengatasi penyakit kurap di kulit atau tubuh adalah dengan cara mengoleskan salep anti jamur pada area yang terinfeksi tersebut, apabila kasus ini sudah berat maka akan diperukan pengobatan dari dalam seperti mengkomsumsi obat untuk menaikan daya tahan tubuh anda.


3. Penyakit Tinea Capitis

Infeksi Tinea Capitis ialah penyakit jamur yang menyerang pada bagaian kulit kepala saja. penyakit ini sering sekali menyerang pada hewan, dan juga dapat menyerang pada manusia.

Gejala atau tanda-tanda penyakit Tinea Capitis ialah rambut menjadi rontok di beberapa daerah dan juga disertai dengan ruam bersisik, apabila sudah parah ruam bersisik akan berbentuk besar, dan rasa sakit yang ditimbulkan. Dan apabila jika tidak segera ditangani secepatnya maka akan menyembabkan rambut rontok dan botak secara permanen.

Cara mengatasi penyakit Tinea capitis di kulit kepala, Penyakit tinea capitis berbeda dengan penyakit jamur lainya, karena penyakit jamur ini diperlukannya pengobatan secara teratur hingga selama 3 bulan dengan mengkomsumsi obat yang diresepkan oleh dokter.


4. Penyakit (Meningitis Jamur)

Penyakit Meningitis ialah infeksi jamur yang disebabkan oleh kriptokokus. Yang mengarah pada peradangan di selaput tipis, yang dapat menutupi sumsum tulang belakang serta otak. Penyakit ini dapat mengancam jiwa sesorang, meningitis jamur umum yang mempengaruhi banyak pasien terkena H I V. Infeksi ini biasanya dapat diperoleh melalui inhalasi sel-sel jamur di udara. Dan organism ini berkembang didalam tubuh dengan sistem kekebalan lemah.

Gejala atau tanda-tanda penyakit meningitis jamur adalah sakit kepala, kebingungan, mengantuk.

Cara mengatasi penyakit meningitis jamur adalah dengan cara pengobatan anti-jamur yang umumnya diberikan secara intravena yang bisa berlangsung selama berminggu-minggu lebih. Serta obat yang diberikan untuk mencegahnya kekambuhan.


5. Infeksi Kuku


Jenis penyakit kulit seperti infeksi kuku (fungal nail infection) disebabkan oleh infeksi jamur. Penyakit kulit tersebut sering menyerang kuku, infeksi ini mampu berkembang seiring berjalannya waktu apabila tidak segera ditangani, ada terdapat macam infeksi jamur, maka setiap macam jamur dibutuhkan perawatan berbeda.

Infeksi pada kuku terjadi karena : Sistem kekebalan turun memakainya kuku palsu, memiliki jempol atau jari lembab jangka waktu lama, wanita telah lanjut usianya, memakai sepatu terlalu kecil, penyakit diabetes mellitus, serta berenang dikolam renang yang umum.

Cara mengatasi Infeksi kuku ialah dapat memakai tablet anti jamur yakni Itraconazole serta terbinafine sesuai dari resep dokter.


6. Infeksi Pada Kaki

Infeksi pada kaki sering dapat menyerang oleh seorang olahragawan atau altlet. Karena mereka rutinitas melakukan olahraga sehingga kaki akan menjadi lembab. Apabila terinfeksi jamur maka akan menimbulkan rasa gatal, kulit mengelupas, terbakar, bisa luka ataupun lecet, dan bisa dapat menimbulkan bau yang tidak enak.

Jamur ini dapat tumbuh diarea lembab seperti kaki altet atau kaki olahragawan. Jamur ini dapat ditemukan di kolam renang, sungai, bahkan kaos kaki. Dan saat jamur ini bertemu sel mati dari kulit, kuku, atau kulit kepala, maka akan cepat berkembang biak secara subur.

Gejala atau tanda-tanda terkena penyakit kulit pada kaki adalah mengalami rasa gatal, rasa terbakar, kulit mengelupas, kulit retak, atau pelunakan.

Cara mengatasi jamur di kaki ada dua cara yaitu dengan cara mengoleskan salep anti-jamur atau mengomsumsi obat berfungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh.


7. Infeksi Tinea Cruris

Infeksi Tinea Cruris penyakit disebabkan oleh jamur tinea. Jamur tersebut dapat hidup di daerah hangat dan lembab, seperti bokong, paha bagian dalam. Serta alat kelakmin. Infeksi ini banyak terjadi pada musim panas, dan serta beriklim basah dan hangat.

Gejala atau tanda-tanda infeksi tinea cruris adalah terasa gatal, kemerahan, terbakar, kulit pecah-pecah atau bahkan mengelupas.

Cara mengatasi infeksi Tinea Cruris adalah dengan melakukan perawatan seperti penggunaan salep atau krim anti-jamur untuk infeksi tersebut, dan juga selalu menganti pakaian anda sehari-hari.


8. Candida

Keputihan yang diakibatkan oleh jamur ini akan berwarna seperti putih susu, kental, dan berbau dan disertai dengan rasa gatal pada Ms V. Yang berakibat mulut Ms V akan menjadi kemerahan serta meradang. Keputihan ini dapat dipicu oleh kehamilan, daya tahan tubuh lemah, penyakit kencing manis, atau pemakaian pil KB. Bayi yang baru saja lahir juga dapat tertular keputihan yang disebabkan oleh jamur candida ini, sebab tanpa sengaja tertelan cairan oleh ibunya merupakan penderita saat melakukan persalinan.

Faktor Penyebab Terinfeksi Jamur Kulit

Hal yang perlu di perhatikan, dibawah ini adalah faktor yang sering menyebakan terinfeksi penyakit jamur kulit paling umum yakni.

1. Berkeringat berlebihan, karena  berolahraga atau karena obesitas (kegemukan).

2. Berpakaian ketat atau pakaian yang tidak bisa menyerap keringat.

3. Udara yang lembab dan panas di lingkungan.

4. Tidak rajin menjaga kebersihan diri serta lingkungan disekitar.

5. Keseimbangan flora tubuh normal yang terganggu, seperti pemakaian antibiotik, atau hormonal jangka panjang.

6. Trauma minor atau friksi, contohnya seperti gesekan pada orang yang gemuk.
Demikian mengenai informasi macam2 penyakit kulit akibat jamur, gejala & cara mengatasi. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi semuannya.

loading...
loading...
Back To Top