Jenis Penyakit Kulit | Penyebab Penyakit Kulit

Kumpulan Jenis Penyakit Kulit, Penyebab, Gejala, Cara Mengatasi dan Gambarnya.

10 Jenis Penyakit Menular Berbahaya dan Mematikan di Dunia

Jenis penyakit menular berbahaya dan mematikan di dunia – Dalam pembahasan yang cukup singkat ini akan menginformasikan mengenai penyakit paling menular berbahaya serta mematikan. Mungkin bagi pembaca sudah tidak asing lagi mendengar nama-nama penyakit menular tersebut. Lantas apa saja itu ? Untuk lebih jelasnya lagi berikut ulasanya.
10 Jenis Penyakit Menular Berbahaya dan Mematikan di Dunia
10 Jenis Penyakit Menular Berbahaya dan Mematikan di Dunia
Baca Juga : 10 Jenis Penyakit Kulit Paling Berbahaya dan Mematikan di Dunia
Jenis Penyakit Menular Berbahaya dan Mematikan di Dunia

10 Jenis Penyakit Menular Berbahaya dan Mematikan di Dunia

1. Ebola

Ebola merupakan no 1 penyakit menular berbahaya serta mematikan didunia.  Ebola tercatat penyakit paling tinggi dalam sejarah. Apabila terkena, maka beresiko kematiaanya di atas rata-rata 90% dan belum terdapat vaksin untuk mengatasiEbola tersebut. Adapun cara pencegahan Ebola sebagai berikut :

1. Dengan mencuci tangan

2. Jangan memakan makanan daging hewan liar sembarangan.

3. Tidak pergi ketempat yang sudah tercemar Ebola.

10 Jenis Penyakit Menular Berbahaya dan Mematikan di Dunia

2. Bubonic Plague (Black Death)

Bubornic Plague atau disebut dengan Black Death, mungkin sebagian pembaca baru mengetahui penyakit menular memaktikan yang satu ini. Black Death yakni wabah mematikan dalam sejarah yang mampu mengurangi populasi masyarakat Eropa sampai 60% ditahun 1348.

Wabah tersebut disebabkan oleh bakteri bernama Yersinia Pestis yakni yang dibawah oleh tikus hitam dan menyebar oleh kutu yang hidup di kulit tikus tersebut. apabila manusia yang telah terjangkit oleh bakteri Yersinia Pestis mampu meninggal dalam hitungan kurang dari 7 hari. Dinamakan Black Death yakni dapat membuat kulit penderita menjadi gelap (hitam). Bakteri tersebut dapat menginfeksi paru-paru serta darah presentasi kematian hingga mencapai 90%-95% keatas.

10 Jenis Penyakit Menular Berbahaya dan Mematikan di Dunia

3. Methicillin Resistant Staphylococcus Aureus (MRSA)

(MRSA), merupakan penyakit kulit yang menular. MRSA sulit dalam mengatasinya, terdapat antibiotik tertentu yang mampu melawan bakteri MRSA tersebut.

MRSA mampu menyebabkan infeksi pada tulang, jantung, paru, infeksi kulit serta infeksi sistemik. Apabila antibiotik yang diberikan pada penderita tidak mampu mengatasi MRSA. Maka infeksi akan segera cepat menyebar luas sehingga sangat membahayakan nyawa penderita dalam waktu 24 jam.

10 Jenis Penyakit Menular Berbahaya dan Mematikan di Dunia

4. Anthrax

Anthrax penyakit menular serta mematikan, penyakit tersebut disebabkan oleh bakteri bernama Bacillus Antharacis yang terdapat dari tanah ataupun udara. Apabila bakteri tersebut telah menyerang dalam tubuh selama 24 jam, maka sangat berbahaya sekali yang dapat menyebabkan anthrax usus gejala seperti mual-mual, muntah darah, dan pada anthrax paru-paru gejala seperti sesak nafas, batuk-batuk, sedangkan anthrax otak gejala seperti pusing dan kejang-kejang. Apabila tidak segera diatasi penderita dapat kehilangan nyawa dalam jangka waktu 2 hari. Adapun cara pencegahan penyakit Anthrax sebagai berikut :

1. Selalu menjaga kebersihan di lingkungan sekitar.

2. Pandailah memilih daging yang akan di makan.

3. Mencuci tangan sebelum makan.

4. Jauhi hewan yang telah terinfeksi.

10 Jenis Penyakit Menular Berbahaya dan Mematikan di Dunia

5. HIV / AIDS

HIV / AIDS tidak asing lagi mendengar penyakit menular yang satu ini. HIV /AIDS belum terdapat cara untuk mengatasinya. Penyakit HIV mampu mendatangkan AIDS, virus yang mampu merusak sistem imun dalam tubuh, sehingga tubuh dapat terserang penyakit berbahaya lainnya. Adapun cara pencegahan HIV / AIDS diantaranya :

1. Tidak berhubungan sensual bebas, seperti tidak memakai pelindung.

2. Jangan berhubungan sensual dengan orang yang terkena HIV/AIDS.

3. Jangan menggunakan suntik secara bergantian dengan penderita.

4. Jangan tranfusi darah dengan penderita.

5. Hindari kontak langsung dengan penderita HIV /AIDS, seperti air liur, urine, cairan ataupun benda dari penderita.

10 Jenis Penyakit Menular Berbahaya dan Mematikan di Dunia

6. Tuberkulosis (TBC)

TBC penyakit menular. Penyakit tuberculosis ini disebakan oleh bakteri yang bernama Mikrobakterium tuberkulsa yang dapat menyerang paru-paru. Selain paru-paru penyakit TBC mampu menyerang organ tubuh yang lain seperti, kelenjar getah bening, ginjal, otak, saluran pencernaan dan lain-lain. Gejala TBC yakni demam ringan pada malam hari, berat badan (bb) menurun, nafsu makan menjadi turun, lemas serta batuk yang disertai darah. Adapun cara pencegahan terinfekasi penyakit TBC sebagai berikut.

1. Hindari kontak langsung dengan penderita, seperti benda-benda yang dipakai penderita.

2. Dengan memberika vaksin ketika masih kanak-kanak.

3. menjaga gaya hidup sehat.

10 Jenis Penyakit Menular Berbahaya dan Mematikan di Dunia

7. Kolera

Kolera penyakit menular seperti yang lainnya. Penyakit tersebut diduga disebabkan oleh bakteri bernama Vibrio Cholerai yakni bakteri yang mampu dapat masuk melalui saluran pencernaan seperti melalui makanan, minuman, ataupun air yang sudah terkotaminasi.

Penyakit kolera cukup berbahaya karena dapat menyebabkan penderita mengalami diare serta muntah-muntah yang terus menerus, sehingga penderita akan sangat cepat mengalami dehidrasi yang mampu mengacam jiwa penderita tersebut. Adapun cara pencegahan kolera sebagai berikut.

1. Hindari air yang terkominasi tersebut yang akan digunakan untuk minum, mencuci ataupun mandi.

2. Untuk makanan hindari memasak daging ataupun ikan setengah matang.

3. Menjaga kebersihan lingkungan.

10 Jenis Penyakit Menular Berbahaya dan Mematikan di Dunia
hepatitis B (VHB)
8. Hepatitis

Hepatitits penyakit yang tergolongmenular. Sebab penyakit hepatitis mampu menyerang organ hati (liver). Adapun 3 macam jenis hepatitis yakni pertama hepatitis A (VHA), kedua hepatitis B (VHB) dan ketiga hepatitis C (VHC). Yang mampu menyerang hati sehingga dapat terjadi peradangan hati akut yang menahun.

Untuk hepatitis C (VHC) penularanya dapat melalui seperti HIV/ AIDS yakni transfusi darah dengan penderita, bisa karena jarum suntik yang telah terkontaminasi, dan bisa juga disebabkan oleh gigitan serangga. Selain penyebab virus juga dapat disebabkan oleh terlalu banyak mengkomsumsi alk0h0l, komplikasi dengan penyakit lain, atau mengkomsumsi obat dalam jangka lama. Sedangkan hepatitis A (VHA) tergolong ringan. Adapun cara pencegahan hepatitis yang dapat dilakukan sebagai berikut :

1. Jangan berlebihan mengkonsumsi minuman alk0h0l, atau lebih baik tidak minum.

2. Selalu memakai jarum suntik yang baru (steril).

3. Hindari transfusi darah dengan penderita diduga terkena hepatitis tersebut.

4. Selalu mencuci tangan saat hendak ingin makan.

5. Hindari kontak langsung dengan penderita.

10 Jenis Penyakit Menular Berbahaya dan Mematikan di Dunia

9. Flu Burung

Flu Burung penyakit menular. Penyakit tersebut diduga disebabkan oleh virus H5N1. Penyebab penyakit flu burung dapat disebabkan kontak langsung dengan unggas yang telah terjangkit virus tersebut ataupun asap hasil pembakaran unggas tersebut yang telah terjangkit virus H5N1. Gejala dari flu burung seperti menderita penyakit ISPA, yakni disertai demam 38%c , lemas, sakit tenggorokan, batuk-batuk, nyeri otot, sakit kepala, radang paru-paru dan mengeluarkan ingus berlebihan. Penyakit Flu burung dapat mematikan apabila tidak segera diatasi dapat mengacap nyawa penderita tersebut yakni kematian. Adapun cara pengecahan flu burung sebagai berikut.

1. Dengan rajin mencuci tangan

2. Selalu menjaga sistem kekebalan tubuh.

3. Apabila ternak unggas, diharuskan untuk menjaga kebersihan lingkungan, bisa dengan memakai masker.
10 Jenis Penyakit Menular Berbahaya dan Mematikan di Dunia

10. Cacar Air

Cacar air penyakit sangat menular. Penyakit tersebut disebabkan oleh virus bernama varicella zoster, yang mampu membuat bintik (bintil) merah pada kulit yang bergelembung, terasa gatal-gatal, serta melepuh. Dalam masa inkubasi virus varicella zoster penyebab cacar air tersebut sekitar 2-3 minggu, dan kemungkinan gejala awal dapat ditandai dengan kenaikan suhu tubuh penderita tersebut. Adapun cara pencegahan cacar air yakni :

1. Melakukan vaksin cacar air sejak dini.

2. Menghindari kontak langsung dengan penderita, karena jika terkena cairan penderita dapat menular.

3. Selalu rajin menjaga kebersihan lingkungan dan diri sendiri.

4. Meningkatkan sistem imunitas.
Itulah pembahasan singkat mengenal tentang penyakit menular. Semoga dapat menambah wawasan bagi pembaca. Demikian tentang - Jenis penyakit menular berbahaya dan mematikan di dunia
Back To Top