Jenis Penyakit Kulit

Kumpulan Jenis Penyakit Kulit, Penyebab, Gejala, Cara Mengatasi dan Gambarnya.

10 Penyakit Kulit Menyerang Pada Anak-Anak, Gejala & Cara Mengatasi

Penyakit kulit menyerang pada anak-anak, gejala, penyebab & cara mengatasinya – Penyakit kulit sering sekali menyerang pada manusia terutama pada anak-anak. Hal ini bisa disebabkan oleh perubahan cuaca, alergi kulit, bakteri, jamur atau virus. Gejala terkena penyakit kulit paling umumnya adalah diawali dengan tanda-tanda seperti ruam merah, gatal-gatal atau merasakan rasa sakit pada kulit yang terkena penyakit kulit tersebut. Maka sebagai orang tua patut untuk mengetahui penyakit yang sering menyerang pada anak-anak, karena hal ini sangat penting sekali untuk cara mengatasi dan mencegah penyakit kulit pada anak-anak.
10 Penyakit Kulit Menyerang Pada Anak-Anak, Gejala & Cara Mengatasi
Berikut ini adalah penyakit kulit, gejala, ciri-ciri, penyebab & cara mengatasi berserta gambarnya.

Penyakit Kulit Menyerang Pada Anak-Anak, Gejala, Penyebab & Cara Mengatasinya



1. Cacar air

Tanda-tanda atau gejala penyakit cacar air pada anak-anak adalah mengalami demam yang tinggi selama 1 hingga 2 hari. Kemudian timbul gelembung-gelembung yang berisi air di permukaan kult serta rasanya yang gatal, namun setelah gelembung pecah bekas tesebut akan mengering atau bisa menjadi koreng. Cacar air merupakan penyakit kulit yang cukup serius, maka sejak dini  di wajibkan sekali mendapatkan vaksin cacar.
Penyebab cacar air yakni dapat disebabkan oleh virus yang bernama herpes varicella zoster virus.


2. Impetigo

Gejala atau tanda-tanda penyakit impetigo pada anak-anak adalah berupa bintik-bintik merah namun kecil dan lalu kemudian melepuh yang berisi nanah dan akhirnya akan menjadi koreng. Impetigo ini sering terkena orang yang kurang menjaga kesehatan dan kebersihan. Penyakitnya banyak timbul dibagian wajah, tukai ataupun di lengan.

Penyebab impetigo yaitu penyakit yang disebabkan oleh bakteri yang bernama Streptococcus pyogenes atau dikenal dengan nama Streptococcus beta hemolyticus grup A.

Cara mengatasi penyakit impetigo adalah dengan cara dokter memberikan antibiotik yaitu dalam bentuk pil atau salep.


3. Biang keringat

Gejala atau tanda-tanda biang keringat pada anak-anak adalah timbul bintik-bintik kecil yang memerah, bintik tersebut akan terasa sangat gatal, serta bintik berisi air.

Penyebab biang keringat yakni karena terjadinya tersumbatnya saluran keringat oleh sel-sel kulit mati. Biang keringat sering terjadi apabila dalam cuaca panas.

Cara mengatasi biang keringat yaitu tidak membutuhkan pengobatan khusus, hanya perlu dilakukan adalah hindari bayi dari suhu yang terlalu panas, dan memberikan pakaian yang longgar. Akan terapi apabila biang keringat menyerang orang lebih besar, anda bisa menggunakan krim hidrokortison atau lotion calamine yang bisa anda temukan di apotik.


4. Kadas

Gejala atau tanda-tanda penyakit kadas pada anak-anak adalah berupa lingkaran yang berwarna merah, bersisik serta melepuh, biasanya akan merasakan perih pada bagian tersebut, kemudian lama-kelamaan akan terbentuk sebuah lingkaran seperti cincin yang terus akan melebar semakin membesar.

Penyebab penyakit kadas yaitu jamur yang tumbuh pada kulit mati.

Cara mengatasi penyakit kadas yakni dengan cara menggunakan salep atau krim anti-jamur.


5. Eksim

Gejala atau tanda-tanda penyakit eksim pada anak balita adalah timbulnya ruam yang disertai dengan kulit yang berisisk, gatal-gatal. Gelembung kecil pada kulit.

Penyebab eksim  adalah kecenderungan alergi atau asma. Dengan kecenderungan seperti itu sangat mudah terserang eksim. Selain itu penyebab lain penyakit eksim adalah atau daya tahan tubuh yang lemah.

Cara mengatasi eksim yaitu dengan memberikan lotion atau krim pelembab untuk membuat kulit terasa lebih lembab. Namun apabila dalam kasus sudah parah perlu anda konsultasi kepada dokter.


6. Hives

Gejala atau ciri-ciri penyakit hives pada anak-anak adalah kulit terasa gatal serta memerah seperti halnya luka kulit habis terbakar, penyakit hives dapat muncul di bagian tubuh mana saja, dalam jangka waktu beberapa hari penyakit kulit hives dapat menjadi tanda penyakit yang serius lainya.

Penyebab penyakit hives adalah reasi alergi, ob4t, suhu yang ekstrim, atau makanan yang dapat pemicu alergi seperti, kacang, udang, telur, tiram dan beberapa zat aditif juga dapat pemicu dari penyakit hives ini.

Cara mengatasi penyakit hives yakni dengan cara mengkomsumsi obat antihistamin, akan tetapi apabila disertai dengan sesak nafas serta wajah membengkak, maka segeralah konsultasi kepada dokter.


7. Kutil

Penyebab dari penyakit kutil adalah virus human pappilomavirus. Ialah virus yang dapat penyebab kanker serviks. Akan tetapi kutil bukan kanker, sebenarnya kutil tidak terlalu untuk di khawatirkan serta rasa sakit yang di timbulkan semakin hilang seiring dengan pertumbuhan kulit. Akan tetapi bagi penderita biasanya akan merasa malu.

Cara mengatasi kutil pada anak-anak adalah dengan cara bungkus bagian terinfeksi dengan kain bersih atau perban, hal ini juga dapat mencegahnya penularan. Kutil akan dapat hilang dengan sendirinya.


8. Roseola

Tanda-tanda atau gejala penyakit roseola pada anak-anak adalah ditandai dengan munculnya demam yang tinggi sekitar 39-40°C, serta timbulnya bercak kecil pada bagian wajah, punggung, lengan, atau kaki. Bercaknya berbentuk seperti bunga mawar, dan nafsu makan menjadi turun serta terlihat lemah lesu.

Cara mengatasi penyakit roseola adalah tindakan paling tepat adalah dengan cara konsultasikan kepada dokter agar ditangani dengan baik dan tepat.


9. Dermatitis kontak alergik

Gejala atau tanda-tanda dermatitis kontak alergi pada anak-anak adalah timbul ruam dalam waktu 24 sesudah kulit kontak langsung dengan allergen. Penyakit dermatitis ini kadang-kadang juga ada yang hingga melepuh, berair dan warna sangat merah.

Penyebab dermatitis kontak alergik  yakni menyentuh bahan-bahan tertentu seperti sabun, deterjen atau makanan yang mengandung racun seperti beberapa tumbuhan yang sering menjalar dan pohon cemara.

Cara mengatasi penyakit dermatitis adalah gejala yang di timbulkan dari penyakit ini akan hilang dengan sendirinya, dengan menghilangnya pemicu alergi tersebut.


10. Fifth Disease (Eritema Infektiosum)

Penyakit yang umum menyerang anak-anak, penyakit ini juga disebut Slap face atau Slap cheek karena seperti orang yang kena tamparan. Gejala atau tanda-tanda penyakit Fifth Disease adalah demam ringan dan flu, lalu beberapa hari kemudian munculnya ruam di wajah yang melebar ke lengan, kaki bahkan tubuh, namun pada muncul ruam itu deman dan flu menghilang.

Penyebab dari penyakit kulit ini yaitu dari Parvovirus B19, penyakit ini sangat berbahaya apabila menyerang pada ibu hamil. Sebab dapat menyebabkan anemia berat yang rawan terjadinya keguguran, maka perlu sekali konsultasi pada dokter apabila penyakit ini menyerang ibu yang sedang hamil atau anggota keluarga anda yang terserang penyakit ini. 
Demikian mengenai tentang Penyakit kulit menyerang pada anak-anak, gejala, penyebab & cara mengatasinya. Semoga dapat bermanfaat bagi semua yang sedang membutuhkan informasi ini. 

loading...
loading...
Back To Top