Jenis Penyakit Kulit

Kumpulan Jenis Penyakit Kulit, Penyebab, Gejala, Cara Mengatasi dan Gambarnya.

Penyakit Alergi Kulit, Penyebab & Cara Mengatasi

loading...
Penyakit alergi kulit, penyebab & cara mengatasi -  Apa itu alergi ? definisi alergi adalah respon adnormal dari sistem kekebalan tubuh. Orang yang mempunyai alergi memiiki sistem kekebalan tubuh yang dapat bereaksi terhadap suatu zat tertentu. Jadi bukan hal yang berbahaya akan tetapi dapat menggangu serta mengurangi kualitas hidup.
Penyakit Alergi Kulit, Penyebab & Cara Mengatasi
Alergi kulit merupakan suatu gangguan pada sistem kekebalan tubuh. Pada orang yang normal sistem kekebalan tubuh berada dalam keadaan yang seimbang untuk memberikan perlindungan terhadap suatu ganguan benda asing dari luar tubuh serta meminimalkan suatu reaksi tubuh yang dapat berbahaya terhadap adanya gangguan itu. Akan tetapi pada orang yang terkena, sistem kekebalan tubuh terjadi ketidak seimbangan, maka reaksi yang dimunculkan dari tubuh dapat menjadi berlebihan (hipersensitif). Sehingga dapat memicu alergi kulit dan serangan asma.
Penyakit Alergi Kulit, Penyebab & Cara Mengatasi

Pada umumnya di tandai dengan rasa gatal-gatal, kulit memerah, bentol-bentol / timbul bintik-bintik. Apabila dalam kondisi parah dapat timbul kantung cairan berisi nanah.

Penyebab

Penyebab alergi kulit atau alergen dapat berasal bermacam-macam pemicu, di bawah ini ada beberapa macam penyebab.

1. Faktor keturunan

Dalam kasus  faktor keturunan juga berpengaruh, bukan penyakit alergi terhadap bahan tertentu yang di turunkan. Namun kerentanan yang akan di turunkan.

2. Logam nikel

Penyebab lain juga dapat disebabkan oleh logam nikel. Apabila orang tersebut mengenakan kalung atau gelang dari logam nikel. Apabila mengalami gatal-gatal dan kulit merah pada leher atau pergelangan tangan, itu menandakan orang tersebut alergi terhadap nikel.

3. Makanan

Dapat juga disebabkan oleh makanan tertentu, seperti udang, kepiting, seafood, telur, ikan, dan lain sebagainya. Kemungkinan diduga makanan tertentu dapat menimbulkan alergi seperti gatal, bentol-bentol dan kulit merah, karena makanan tersebut mengandung senyawa yang dapat memicu gejala s, dan kemungkinan lain juga dapat dipicu dari bahan makanan tersebut.

 4. Parfum

Dapat disebabkan parfum yang mengandung myrocylon pereirae. Zat ini mampu memicu munculnya alergen.

5. Debu

Dapat disebabkan oleh debu. Bagi kulit yang sensitive sangat rentan sekali terhadap debu.

6. Pengawet

Dapat disebabkan dari bahan pengawet, seperti pada shampo atau kosmetika, hal ini dapat disebabkan karena zat quaternium dalam pegawet supaya produk tahan lama serta tidak mudah rusak kemasan dan nutrisinya. Apabila sering memakai lalu kemudian tiba-tiba terasa gatal serta iritasi segera hentikan pemakian tersebut.

7 Obat tertentu

Penyebab lainya lagi juga dapat disebabkan oleh obatan tertentu. Seperti pemakaian salep penisilin. Apabila pasien mengalami rasa gatal setelah memakai salep pada luka kemukinan pasien alergi terhadap ob4t tersebut.

8. Hewan peliharaan

Penyebab terakhir juga dapat disebabkan oleh hewan peliharaan, bagi anak penderita asma, alergi terhadap protein kelenjar minyak pada kulit hewan, air liur hewan atau air seninya.

Cara mengatasi 

Cara mengatasi alergi kulit belum ada obatnya, akan tetapi ada cara untuk mengurangi rasa gatal yang di timbulkan, dan cara mencegah penyebab timbul tersebut. berikut ini adalah caranya.

1. Menghindari penyebabnya

Cara mencegah yang paling jitu adalah dengan cara menghindari bahan yang dapat memicu alergi kulit. bahan memicu ini hanya dapat diketahui oleh penderitanya. Apabila  telah tahu pemicunya, maka segera hindari penyebab tersebut.

2. Mengkomsumsi makanan mengandung beta karoten

Konsumsi makanan mengandung beta karoten, seperti wortel, mangga, pepaya, bayam berfungsi untuk meningkatkan sistem imunnitas, antioksidan berguna untuk menangkal radikal bebas. Serta dapat memperbaiki sistem pernafasan.

3. Mengkomsumsi makanan mengandung mangnesium

Mengkomsumsi makanan yang mengandung magnesium seperti alpukat, bayam, almold dan lain-lain. Berfungsi mengurangi efek yang di timbulkan. 
Baca Juga : 7 Penyebab Gatal Pada Kulit, beserta Tanda-Tandanya
Demikian mengenai penyakit alergi kulit, penyebab & cara mengatasi.

loading...
loading...
Back To Top