Jenis Penyakit Kulit | Penyebab Penyakit Kulit

Kumpulan Jenis Penyakit Kulit, Penyebab, Gejala, Cara Mengatasi dan Gambarnya.

Penyakit Kulit Biduran (Urtikaria), Gejala, Penyebab & Cara Mengatasi

Penyakit kulit biduran Urtikaria, gejala, penyebab & cara mengatasi – Apa Itu Biduran ? Pengertian biduran atau urtikaria adalah suatu kondisi kelainan kulit yang berupa reaksi vascular terhadap macam-macam sebab. Pada umumnya biduran / urtikaria disebabkan oleh reaksi alergi yang ditandai dengan bentol-bentol kemerahan, dan terasa sangat gatal, atau bisa terasa perih dan panas.
Penyakit Kulit Biduran (Urtikaria), Gejala, Penyebab & Cara Mengatasi
Biduran atau urtikaria merupakan suatu penyakit kulit banyak kita jumpai serta dapat timbul dibagian tubuh dimana saja. selain itu bentuk dan ukuran dapat berbeda-beda, apabila di garuk bentol-bentol bisa semakin meluas. Gejala penyakit tersebut dapat bertahan hingga beberapa jam bahkan bisa berhari-hari. 

Jika urtikaria akut dapat bertahan selama kurang dari 42 hari. Sedangkan pada urtikaria kronis dapat bertahan lebih dari 42 hari serta dapat kambuh kembali dalam beberapa bulan bahkan bisa bertahun-tahun. Apabila penderita menderita urtikaria kronis kemungkinan ada penyakit yang lainya seperti, diabetes, lupus, atau tiroid. Selain itu orang mempunyai alergi terhadap sesuatu juga dapat lebih berisiko terkena penyakit biduran / urtikaria tersebut.
Penyakit Kulit Biduran (Urtikaria), Gejala, Penyebab & Cara Mengatasi

Di bawah ini ialah terdapat beberapa gejala, penyebab, cara mengatasi dan gambar penyakit kulit biduran sebagai berikut.

Gejala Biduran / Urtikaria

Gejala atau tanda-tanda biduran / urtikaria adalah timbulnya ruam bercak-bercak kemerahan dan disertai dengan bentol-bentol pada permukaan kulit yang berbatas tegas. Bentol-bentol tersebut ukurannya dengan yang lain berbeda-beda, terasa gatal atau dapat juga terasa perih dan panas.

Bentol tersebut dapat muncul pada bagian tubuh dimana saja. Dan apabila di garuk dapat tumbuh bentol yang baru, bentolan tersebut dapat membesar dan kemudian menyebar lalu bergabung dengan yang lain sehingga akan membentuk bentol yang lebih besar lagi. selain itu juga dapat menyebabkan membengkak pada kelopak mata, bibir, tangan, kaki, atau dapat di sekitar alat kel4min.

Penyebab Biduran / Urtikaria

Penyebab biduran / urtikaria akut dan kronis dari hasil penelitian hampir 80% belum di ketahui secara pasti penyebabnya. Karena timbulnya ini juga dapat disebabkan oleh banyaknya faktor, sehingga sulit untuk dapat dipastikan.

Akan tetapi diduga karena dipicu oleh tingginya kadar histamin yang dilepaskan pada kulit, histamin dapat menyebabkan pembuluh darah menjadi melebar, maka aliran darah akan menjadi meningkat. Selain itu timbulnya tersebut dapat disebabkan beberapa faktor seperti :

1. Alergi terhadap makanan seperti : telur, kacang, susu, coklat, keju, gandum, makanan laut.

2. Sengatan/gigitan serangga

3. Perubahan suhu udara seperti panas atau dingin.

4. Terpapar sinar matahari

5. Ob4t-ob4tan seperti antibotik, anti-hipertensi, ibuprofen, aspirin, tetrasiklin, penicillin, asam mefenamat, dan lain-lain.

6. Bahan makanan seperti pengawet, pewarna, penguat rasa, pemanis, dan lain-lain

7. Stres

8. Infeksi seperti demam kelenjar, herpatitis.

9. kosmetik

10. Kontak langsung seperti : sabun cair, body lotion, debu, bulu binatang, air liur binatang, serbuk sari bunga, tumbuhan, spora jamur, dan lain-lain.

11. Gangguan horm0nal

12. Pakaian yang ketat

13. Air yang digunakan tidak cocok, dan lain sebagainya

Banyaknya faktor pemicu biduran / urtikaria sehingga penelitian sulit untuk dapat dipastikan penyebabnya tersebut. Urtikaria akut ataupun urtikaria kronis faktor penyebab juga bisa sama seperti diatas.

Cara Mengatasi Biduran / Urtikaria

Cara mengatasi urtikaria akut ataupun kronis dengan cara :

Cara mengatasi urtikaria akut sebenarnya tidak memerlukan penanganan khusus, gejala tersebut akan menghilang dengan sendirinya. Akan tetapi apabila terasa menggangu karena efek dari gejala tersebut, anda dapat menggunakan antihistamin berfungsi untuk mengatasi rasa gatal yang di timbulkan, dalam kasus yang lebih parah bisa juga digunakan kortikosteroid

Cara mengatasi urtikaria kronis adalah saat gejala ruam timbul, anda dapat menggunakan antihistamin H1, jika gejala ruam tersebut tambah parah anda dapat menggunakan antihistamin H2 yang berfungsi untuk mengatasi ruam tersebut namum mempunyai efek samping seperti pusing, diare. Selain itu apabila gejala tersebut kambuh lagi dengan parah, anda dapat menggunakan krotikosteroid, akan tetapi obat ini tidak dianjurkan digunakan jangka panjang.

Cara Mencegah Biduran / Urtikaria

Cara mencegah biduran / urtikaria yang paling efektif adalah dengan cara menghindari faktor pemicu penyebab tersebut. Faktor pemicu biduran tersebut hanya dapat diketahui oleh penderitanya. jadi sangat di perhatikan apa saja yang dimakan, disentuh atau dipakai. Misalnya, apabila pemicu adalah makanan laut, maka hindari makan laut tersebut, apabila pemicu adalah kacang, maka hindari makan kacang dan lain sebagainya. Jadi hal ini sangat penting sekali di perhatikan. Sehingga dapat meminimalisir munculnya kembali.

Berikut ini adalah tips meredakan gejala biduran / urtikaria sebagai berikut.

1. Hindari alk0h0l dan k4feln.

2. Jangan menggunakan pakaian yang ketat.

3. Jangan menggaruk-garuk

4. Menggunakan sabun dengan PH rendah

5. Hindari faktor pemicu.
Demikian mengenai penyakit kulit biduran Urtikaria, gejala, penyebab & cara mengatasi.
Back To Top